Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PG PAUD FKIP Uhamka Laksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 di TK Aisyiyah Ranting Kubang

12 Oktober 2021 | Selasa, Oktober 12, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-11T23:03:13Z


WhatsApp Image 2021-10-05 at 13.41.51.jpeg

Serambiupdate.com Seorang Mahasiswi UHAMKA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, telah melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) di TK Aisyiyah Ranting Kubang. Kegiatan PLP 1 ini juga disambut bahagia oleh Kepala Sekolah TK tersebut.  Ibu Nur Insani AMapd selaku Kepala Sekolah TK Aisyiyah Ranting Kubang tersebut menjelaskan, “Saya senang sekali ada mahasiswa yang ingin melakukan observasi di sekolah kami TK Aisyiyah Ranting Kubang ini.


Kegiatan PLP 1 merupakan tahapan pertama dalam kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan   program sarjana pendidkan yang dilakukan pada semester III atau IV. Kegiatan PLP 1 ini sendiri bertujuan untuk menumbuhkan landasan jati diri dari seorang pendidik melalui beberapa kegiatan di sekolah. 


Ibu Nur Insani menjelaskan bahwa pada proses kegiatan di TK Aisyiyah Ranting Kubang sebelum memulai pembelajaran guru memberikan pertanyaan pemantik, melakukan pengamatan langsung pada anak, memberikan kasih sayang terhadap sehingga menjadi anak nyaman, ceria dan bisa menangkap pelajaran.”


Ibu Widia selaku guru pamong juga menjelaskan “Terkait waktu pembelajaran yang singkat, biasanya anak-anak pulang pukul 11.00 karena sekarang masa pandemi jadi waktunya dibatasi hingga pukul 09.30 atai 10.00.  Biasanya anak-anak setelah makan bersama mereka akan istirahat, namun saat ini setelah makan anak-anak akan bersiap-siap untuk pulang.” Tutur Ibu Widia.


Ibu Khusyniati Masykuroh selaku dosen pembimbing pada PLP 1 menjelaskan “Dengan diadakannya program Pengenalan Lapangan Persekolahan 1, secara tidak langsung mahasiswa dapat mengetahui dan memahami kegiatan apa saja yang dilakukan sekolah. Kegiatan ini juga bisa menjadi gambaran bagi mahasiswa bagaimana kedepannya saat menjadi seorang pengajar.”

=