Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP UHAMKA adakan PLP 1 di SMA Malahayati Jakarta

03 Oktober 2021 | Minggu, Oktober 03, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-03T08:32:20Z


Serambiupdate.com
Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka atau UHAMKA mengadakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Tahap 1 di SMA Malahayati yang terletak di Jalan Bima No. 3, Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

 

Kegiatan PLP Tahap 1 ini merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa semester 4 atau 5 di program sarjana pendidikan dengan melakukan observasi dan wawancara dengan pihak sekolah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari aspek-aspek yang ada di sekolah terkait dengan kultur, struktur dan lainnya. Kegiatan PLP Tahap 1 yang kami lakukan ini masih dalam masa pandemi sehingga harus dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting.

 

Hendra Fokker SPd selaku guru SMA Malahayati menjelaskan bahwa terjadi perubahan dalam sistem mengajar dan juga kendala yang dirasakan selama melaksanakan kegiatan belajar mengajar saat pandemi.

“Hampir dua tahun, segala kegiatan sekolah dilakukan melalui daring. Dalam proses mengajar para guru mengedepankan metode literasi untuk menumbuhkan semangat baca kaum pelajar yang sekarang menjadi kaum rebahan. Kendala yang dirasakan selama pembelajaran daring yaitu terkait dengan fasilitas dan sarana prasarana karena tidak semua peserta didik memiliki fasilitas yang sama,” ucap Hendra Fokker.

 

Namun, dibalik kendala yang terjadi ternyata masih ada semangat yang ditunjukkan oleh peserta didik. Bapak Alip Arodabiro MPd selaku Kepala Sekolah SMA Malahayati menjelaskan bahwa peserta didik yang bersekolah di SMA Malahayati memiliki semangat dalam mengikuti kegiatan.

“Peserta didik mempunyai semangat yang luar biasa untuk mengikuti pembelajaran secara daring ataupun kegiatan lainnya seperti mengikuti kegiatan latihan dasar kepemimpinan siswa, mengikuti ekstrakurikuler secara online dan juga melakukan serah terima jabatan pengurus OSIS,” ungkap Alip Arodabiro

 

Hal yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan oleh pihak sekolah bahkan peserta didik di sekolah yaitu harus belajar melalui daring dan tidak bisa tatap muka untuk saling bertemu ini pun memang benar terjadi. Segala permasalahan, perubahan dan perbedaan yang terjadi pastinya dirasakan oleh semua warga sekolah. Akan tetapi, mulai bulan depan dengan segala proses perizinan yang panjang yang telah dilakukan oleh pihak sekolah maka pembelajaran tatap muka (PTM) akan segera diberlangsungkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

 

Dengan adanya kegiatan PLP Tahap 1 ini kami selaku mahasiwa UHAMKA mengetahui dan memahami terkait dengan metode yang dilakukan oleh para guru di sekolah dalam pembelajaran  daring, kendala yang terjadi dan semangat peserta didik yang masih sangat luar biasa.

=