Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka turut Obeservasi Pembelajaran di SDN Kedaung Kali Angke 05 Pagi

03 Oktober 2021 | Minggu, Oktober 03, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-03T10:53:25Z


Serambiupdate.com
Tujuh mahasiswa FKIP Uhamka diantaranya Daffa, Syahrul, Fatmi, Fatma, Ayuni, Andien, dan Aera merupakan mahasiswa semester 5 dari  prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Pof. DR. Hamka turut laksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) dengan cara kunjungan melalui observasi di SDN Kedaung Kali Angke 05 Pagi di Kel. Kedaung kaliangke Kec. Cengkareng pada hari Jumat (03/10).


Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun landasan jati diri pendidik serta memperoleh pemahaman dan keterampilan mengenai pemanfaatan sarana prasarana, manajemen lembaga, praktik kepemimpinan efektif, dan kultur lembaga yang menunjang terlaksananya proses pembelajaran di lembaga pendidikan formal atau yang biasa kita kenal dengan sekolah. Salah satu tujuan diantaranya yaitu mengenal lingkungan sekolah seperti melihat langsung proses kegiatan belajar mengajar tatap muka yang sedang berlangsung di SDN Kedaung Kali Angke 05 Pagi, selain itu kami juga dapat mengetahui karateristik peserta didik, proses Pembelajaran selama daring dan luring, tatanan organisasi sekolah, ekstrakulikuler, penilaian, dan pembiasaan para peserta didik melalui wawancara Bersama kepala sekolah dan guru pamong


Dalam situasi pandemi yang saat ini sudah mulai landai, proses pembelajaran harus bertransisi dengan belajar mengajar tatap muka setelah kemarin sudah satu setengah tahun menjalani kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring


 M. Arif Hendiyanto MPd selaku kepala sekolah “saat dilakukannya kegiatan belajar mengajar tatap muka setelah satu setengah tahun menjalani kegiatan belajar jarak jauh perasaan peserta didik sangat antusias dan sangat senang karena dapat bertemu Kembali Bersama teman-temannya” tuturnya.


Di lain pihak, Een Ainurrokhmah selaku guru mengungkapkan “terjadi kecanggungan antar sesama peserta didik pada dua minggu awal dilaksanakannya Pembelajaran tatap muka, masih banyak peserta didik yang belum menyesuaikan diri dengan kegiatan belajar mengajar tatap muka. Namun setelah kegiatan tersebut berlangsung selama satu bulan, kini peserta didik dapat menyesuaikan diri dan dapat berbaur, dan bergaul dengan teman – temannya”


Kegiatan belajar mengajar tatap muka berlangsung hanya satu hari dalam satu minggu dan dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pagi dari jam 06.30 – 09.00 dan sesi siang 09.30 – 11.30. sisanya dilakukan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh dengan menggunakan Whatsapp Group, Google Form, Google Meet, dan Zoom Meeting.


Sementara itu, Kepala Sekolah mengatakan, “Kami sangat senang dengan kedatangan mahasiswa semester 5 dari prodi PGSD FKIP UHAMKA, apabila di lain kesempatan mempunyai kegiatan serupa, saya selaku kepala sekolah dan guru guru di SDN Kedaung Kali Angke 05 Pagi dengan senang hati membantu dan membimbing mahasiswa untuk menyelesaikan kegiatan dimasa depan”

=