Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Uhamka Melaksanakan PLP 1 di SMAN 90 Jakarta

05 Oktober 2021 | Selasa, Oktober 05, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-05T13:35:43Z


Serambiupdate.com Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Uhamka melaksanakan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 (PLP 1) yang bertujuan untuk mengobservasi serta meningkatkan keterampilan dan pemahaman mengenai lingkungan persekolahan sebagai aspek kependidikan dalam pembelajaran matematika yang dapat diberikan oleh seorang guru.

 

SMAN 90 Jakarta menjadi sebuah objek sasaran dalam melaksanakan kegiatan PLP 1 ini. Tepatnya di Jl. Sabar Petukangan Selatan,Pesanggahan No.14,RT.14/RW.2, Petukangan Selatan,Kecamatan Pesanggahan,Kota Jakarta Selatan,DKI Jakarta 12270. Kegiatan ini dilakasanakan oleh 5 orang anggota kelompok dimana kegiatan PLP 1 dilaksakan perdana pada Senin (27/9).

 

Kegiatan ini dilakukan dengan mewawancarai 5 narasumber diantaranya Kepala Sekolah SMAN 90 Jakarta yaitu Nana Juhana MPd ,Wakil Bidang Kurikulum yaitu Suprapto, SSMM, Kepala Bidang Tata Usaha yaitu Rujita SPd,Wakil Kesiswaan yaitu Marsudi Jaya SPd dan Guru Matematika yaitu Rizvi Tannisya Sumarsida SPd.

 

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri pembelajaran tatap muka terbatas harus tetap menerapkan protokol kesehatan dan atau pembelajaran jarak jauh.

 

Nana Juhana, MPd selaku Kepala SMAN 90 Jakarta menuturkan, “Selama Pandemic semuanya berubah, kurikulumnya darurat pandemic, kegiatan pembelajarannya tidak konvensional tetapi dilaksakan dirumah. Maka target utama selama pandemic ini bukan kurikulum tetapi kesehatan warga sekolah.”

 

Nana menambahkan, “Disebut pertemuan tatap muka terbatas dikarenakan hanya 50% dari jumlah siswa dikelas yang dapat melaksanakan PTM-T. Sebagian lagi melakukan pembelajaran secara daring. Maka dari itu guru juga harus memahami bagaimana metode yang baik dalam melaksanakan PTM-T supaya pembelajaran menjadi lebih efektif. Dilakukannya 3 hari dalam seminggu dikarenakan sekolah harus melakukan strerilisasi kelas sebelum dan setelah pembelajaran.Contohnya PTM-T dilaksanakan hari Senin maka hari selasa pembelajaran dilakukan daring, begitupun seterusnya.”

 

Berdasarkan hasil wawancara yang telah kami lakukan SMAN 90 Jakarta sudah diizinkan untuk melaksanakan PTM-T (Pertemuan Tatap Muka Terbatas). SMAN 90 Jakarta berencana menerapkan PTM-T yang dilaksanakan 3 kali dalam seminggu pada Senin (4/10).

 

Dalam mengembangkan diri siswa SMAN 90 Jakarta tetap mengizinkan siswanya untuk melaksanakan ekstrakurikuler tetapi hanya untuk ekstrakurikuler yang tidak dilakukan secara fisik atau ekstrakurikuler yang dapat dilakukan secara daring. SMAN 90 jakarta baru saja meraih Piala Emas pada perlombaan KIR tingkat Internasional yang dilaksanakan oleh Zimbabwe, Afrika Selatan yang dilaksanakan di IPB.

 

Dengan dilaksanakannya kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 (PLP 1) Mahasiswa UHAMKA dipersiapkan untuk menjadi guru profesional, berkopetensi, berkualitas serta mampu mempraktikkan semua kompetensi yang layak atau wajib dilakukan oleh seorang guru yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga kependidikan matematika yang profesional. 

 

=