Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Pendidikan Matematika dan B. Inggris FKIP Uhamka turut Laksanakan PLP 1 di SMPIT Daarul Fikri Depok di Masa Pandemi

03 Oktober 2021 | Minggu, Oktober 03, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-03T08:06:16Z


Serambiupdate.com
Mahasiswa Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHAMKA melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 ( PLP 1) di SMPIT DAARUL FIKRI yang berada di samping Jalan Raya Bogor yang menghubungkan antara Depok dengan Bogor. SMPIT DARRUL FIKRI ini beralamat di Jl. Raya Jakarta – Bogor No.Km 40,7 Cilangkap, Kecamatan  Tapos, Kota Depok, Jawa Barat 16458 di sebelah barat  bersebelahan dengan masjid Assadiyah. (28/09).

 

Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara langsung serta memperoleh data yang akurat terkait sistem pendidikan yang dijalankan di SMPIT DAARUL FIKRI secara daring. Terdapat beberapa bentuk wawancara yang dapat dilakukan, Mulai dari wawancara untuk bahan berita, dilakukan melalui telepon, bersifat pribadi, mendesak, dan lain sebagainya. Namun pada kesempatan kali ini kami melakukan wawancara secara langsung bersama kepala sekolah dan guru pamong di SMPIT DAARUL FIKRI guna untuk mendapatkan informasi dari sekolah tersebut.

 

Selama pandemi Covid-19 guru banyak melakukan inovasi untuk kegiatan pembelajaran secara daring, karena perkembangan dari teknologi secara tidak langsung sangat membantu proses pembelajaran yang dilakukan secara daring. Siswa maupun tenaga pendidik diwajibkan untuk bisa menggunakan LMS (Learning Management System) seperti google classroom, dan zoom meeting. Dari hasil observasi yang kita lakukan, para guru dan peserta didik di SMPIT DARUL FIKRI ini sudah menerapkan penggunaan aplikasi LMS sebelum adanya covid 19. Sehingga peserta didik sudah terbiasa dalam penggunaan LMS tersebut.

 

 

“Di SMPIT DAARUL FIKRI ini, sudah mulai menerapkan pembelajaran blended learning. Sehingga siswa dapat secara bergantian untuk hadir secara tatap muka yang dibatasi dengan kapasitas hingga 50%, dan itu diberlakukan hanya untuk mata pelajaran tertentu. Penggunaan LMS tidak sepenuhnya membantu. Karena banyak mengalami kendala, baik dari sisi kesiapan siswa maupun tenaga pendidik”  Risadon S.Pd  selaku Kepala SMPIT DAARUL FIKRI.

 

“Adapun kendala Dalam proses pembelajaran daring yang berlangsung di SMPIT DAARUL FIKRI, terdapat beberapa kendala yang dapat menghambat proses pembelajaran berlangsung, diantaranya; signa internet,kuota, Berkurangnya semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran secara” tambahannya.

 

 

 

=