Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PBSI FKIP UHAMKA Melakukan Kegiatan PLP 1 sebagai Langkah Awal Menjadi Guru Profesional

06 Oktober 2021 | Rabu, Oktober 06, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-05T17:42:37Z


Serambiupdate.com
Sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia semester 5 telah melakukan kegiatan PLP 1 pada tanggal 27 September 2021 lalu. Kelompok tersebut beranggotakan Achmad Ghozi Alwi Muharromi, Refzaldi Hadi Sukamto, Andina Putri Sarasati, Hana Ghina Fauziyyah dan Intia Prananda N, dengan dosen pembimbing Ibu Nur Aini Puspitasari, M.Pd.


PLP 1 atau pengenalan lapangan persekolahan 1 merupakan kegiatan observasi pengamatan berupa wawancara kepala sekolah dan guru pamong sebagai narasumber.  Narasumber yang diwawancarai merupakan Bapak Drs. H. Makhrus, MPd.I selaku Kepala MTS Negeri 6 Jakarta dan Bapak Sutardiman S.Pd selaku Wakil Kesiswaan dan guru pamong MTS Negeri 6 Jakarta. Sekolah yang dijadikan tujuan PLP 1 adalah MTS Negeri 6 Jakarta yang terletak di Jl. Mangga No.40, RT.002/RW.003, Batu Ampar, Kec. Kramat Jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 13520. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pengenalan sekolah, meningkatkan sosialisasi, dan untuk menggali segala informasi yang terdapat di sekolah.


Sekolah ini memiliki beberapa prestasi di bidang ekstrakulikuler yaitu Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Madrasah Ilmiah Research (MAIRES) dan pencak silat. “Prestasi ekskul KSM yaitu juara tingkat kota, kemudian untuk MAIRES bidang sains MTSN 6 Jakarta masuk 50 besar se-Indonesia. Untuk kegiatan robotik sedang dipersiapkan mengikuti lomba bulan Oktober tingkat JABODETABEK dan tingkat nasionalnya bulan November. Kita juga sudah bertahun-tahun juara tingkat nasional silat antar pelajar, dan MTS 6 juga juara satu, sekolah sehat tingkat provinsi.” Ucap Bapak Drs. H. Makhrus, M.Pd.I selaku kepala MTS Negeri 6 Jakarta. Selain itu MTS Negeri 6 Jakarta juga akan melakukan kerjasama dengan alumni ITB Bandung untuk merakit mobil listrik yang insyaAllah dapat terealisasikan di tahun 2022. “Untuk rencana pertama kami akan merakit 5 tipe mobil masing-masing satu unit dan mobil itu rencananya akan dilengkapi dengan robot dan insyaAllah di tahun 2022 kerja sama tersebut sudah bisa direalisasikan.” Tambah Bapak Drs. H. Makhrus, M.Pd.I selaku kepala madrasah.


Dengan dilakukannya kegiatan pengenalan lapangan persekolahan 1 ini, mahasiswa dapat terjun langsung dan mengetahui bagaimana kegiatan-kegiatan sekolah tetap dilaksanakan meskipun dalam keadaan pandemi. Kegiatan pengenalan lapangan persekolahan 1 ini juga merupakan langkah awal mahasiswa untuk menjadi guru profesional.

=