Notification

×

Iklan

Iklan

Pengasuhan Positif perlu Pendampingan dalam Penyelenggaraan PAUD Berkualitas

Senin, 09 Agustus 2021 | 8/09/2021 03:29:00 PM WIB | Last Updated 2021-08-09T12:54:16Z


Serambiupdate.com
Dosen Fakultas Psikologi Uhamka bersama LPPM selenggarakan pengabdian masyarakat berbentuk Pelatihan Pengasuhan Positif; Pendampingan Guru PAUD Aisyiyah Bangka Belitung dalam Penyelenggaraan PAUD Berkualitas.


“Beberapa kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh guru PAUD diantaranya kompetensi pedagogik, sosial dan kepribadian. Pada kompetensi kepribadian salah satunya adalah pengasuhan positif, karena pengasuhan akan sangat berdampak pada tumbuh kembang anak didik. Pada kondisi rilnya, guru PAUD ‘Aisyiyah secara umum memerlukan pendampingan dalam pengembangan kompetensi, termasuk kompetensi pengasuhan," tutur Anisia Kumala M Lc MPsi selaku ketua. 


Kegiatan ini dilakukan dengan mengembangkan kompetensi pengasuhan melalui pelatihan intensif berupa pemberian materi dari narasumber terkait tema-tema pengasuhan dan peserta diberikan tugas mandiri untuk bisa mengembangkan kompetensi analisis konseptual maupun juga penyelesaian masalah di PAUD secara praktis.


Pelatihan tersebut diikuti oleh tujuh puluh enam guru PAUD dan pengelola PAUD di wilayah PWA Riau, dan diselenggarakan dalam enam hari, delapan materi.


Materi yang disampaikan adalah Penelitian Tindakan Kelas; Perkembangan anak dan penilaian otentik; Peneguhan Ideologi; Peran serta orang tua dalam pembelajaran anak dan Interaksi yang menyenangkan; Pembelajaran berpusat pada anak dan bermain; Kurikulum terintegrasi AIK; Manajemen penyelenggaraan  PAUD Aisyiyah; Perencanaan pembelajaran bermuatan STEAM.

=