Notification

×

Iklan

Iklan

Pendidikan Di Masa Pandemi

Rabu, 25 Agustus 2021 | 8/25/2021 06:09:00 AM WIB | Last Updated 2021-08-24T23:09:53Z



Karya Rizky Amanda Putri

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Pandemi Covid-19 di Indonesia, menjadikan aktifitas masyarakat untuk berinteraksi dihentikan dan beralih menggunakan aktivitas daring. Kondisi ini tidaklah mudah untuk Lembaga Pendidikan. Proses pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh. Meskipun sudah melakukan pembelajaran di masa Covid-19, di beberapa daerah banyak memilih pembelajaran dengan daring untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Tetapi dalam pelaksanaannya, banyak persoalan yang terjadi dalam pembelajaran daring ini. Termasuk kesulitan para pelajar dalam mengikuti pembelajaran melalui daring ini, bahkan tidak hanya pelajar, guru pun juga mengalami kesulitan. Karena situasi belajar melalui daring ini merupakan suatu baru yang di berlakukan untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Melalui pembelajaran secara daring ini, banyak para pelajar dan mahasiswa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru dan dosen.

Pembelajaran jarak jauh atau daring masih dianggap sebagai proses sekolah meskipun dengan berbagai kekurangan baik dari guru, siswa dan orang tua. Dilihat dari keadaan guru dan pelajar, sekolah di masa pandemi, guru kesulitan dalam berkomunikasi dengan siswa. Hal ini karena keterbatasan model pembelajaran daring yang tidak lagi pada ruang kelas di sekolah, melainkan sekolah berpindah di rumah. Pada masa pandemi ini, orang tua atau keluarga justru menjadi guru sekolah di rumah. Orang tua mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran dan memotivasi anak saat mendampingi belajar di rumah.

Selain itu, banyak orangtua  kesulitan dalam menyediakan perangkat belajar seperti ponsel dan laptop maupun pulsa untuk koneksi internet. Karena pandemi ini bukan hanya pelajar yang terkena dampaknya tetapi semua masyarakat Indonesia, termasuk para orangtua yang bekerja yang dirumahkan atau diPHK. Dengan kondisi seperti ini, banyak orangtua kesulitan menyediakan kesempatan pendidikan yang optimal bagi anak-anak mereka.

=