Notification

×

Iklan

Iklan

Ekonomi Dalam Pendidikan

Rabu, 25 Agustus 2021 | 8/25/2021 06:10:00 AM WIB | Last Updated 2021-08-24T23:10:42Z



Karya Rizky Amanda Putri

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Pendidikan adalah lembaga yang berkewajiban mengembangkan masa depan seseorang. Oleh karena itu, setiap orang diharuskan untuk berkependidikan. Tetapi, tidak semua orang mampu untuk melanjutkan pendidikan yang tinggi, di karenakan ada beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor ekonomi. Ekonomi dalam pendidikan menjadi hal yang cukup menentukan seseorang dalam mencapai pendidikan.

Dunia pendidikan sendiri bukanlah dunia bisnis atau tempat mencari uang, melainkan dunia pembinaan. Sebagai tempat pembinaan, pendidikan tidak memandang ekonomi sebagai pemeran utama seperti halnya di dunia bisnis. Fungsi ekonomi seharusnya dalam dunia pendidikan adalah untuk menunjang kelancaran proses pendidikan. Bukan merupakan modal untuk di kembangkan, dan bukan untuk mendapatkan keuntungan, tetapi ekonomi dalam pendidikan berfungsi untuk sumber-sumber yang lain, seperti guru, kurikulum, alat peraga, dan lain sebagainya, untuk menyukseskan  misi pendidikan yang semuanya bermuara pada perkembangan peserta didik.

Pendidikan mempengaruhi secara penuh pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. Oleh karena itu, tidaklah heran bila Negara yang memiliki penduduk dengan tingkat pendidikan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Kemampuan ekonomi ini sangat membantu siswa untuk melengkapi sarana dan prasarana belajarnya. Di samping itu, persoalan ekonomi juga dapat membantu sekolah untuk melengkapi sarana dan prasarana belajar mengajar di sekolah melalui pembayaran SPP.

Persoalan ekonomi merupakan  salah satu persoalan sangat penting dalam proses pendidikan formal. Oleh karena itu, bila mana ekonomi seseorang mengalami kesuraman pastinya proses pendidikan akan terhambat.


=