Notification

×

Iklan

Iklan

Kampus Merdeka, Awal Pembaharuan Di Dunia Perguruan Tinggi

04 Agustus 2021 | Rabu, Agustus 04, 2021 WIB | Last Updated 2021-08-04T12:06:27Z



Karya Putri Olivia

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Sejak adanya gebrakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka oleh Bapak Nadien Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, banyak perguruan tinggi yang berusaha untuk menjalankan program Kampus Merdeka. Kampus Merdeka adalah memberikan sebuah konsep baru dalam dunia pendidikan dengan membiarkan mahasiswa mendapatkan kemerdekaan belajar di perguruan tinggi. Sebenarnya Kampus Merdeka adalah lanjutan dari program merdeka belajar dimana dalam program ini kita sebagai pelajar diberikan kebebasan untuk mempelajari bidang-bidang yang disukai. Selain itu, memberi kebebasan dan otonom pada lembaga pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi dan dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit, ujar Pak Menteri.

Dengan diterapkannya Program Kampus Merdeka, Perguruan Tinggi mulai mengupgrade kampusnya untuk mengikuti program ini. Pada dasarnya program ini sangat bagus untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul. Apalagi, konsep kampus merdeka ini yaitu memberikan kebebasan kepada para mahasiswa untuk belajar di luar kampusnya. Jadi, bagi para mahasiswa yang belajar di Universitas A dapat memperoleh pembelajaran di Universitas B. Dengan syarat kedua kampus tersebut sudah adanya hubungan untuk mengadakan program kampus merdeka ini. Contohnya saja ITB dan UNPAD. Di awal Bulan Juli, ITB mengumumkan bahwa Mahasiswa UNPAD dapat melakukan pembelajaran di Kampus ITB sesuai dengan prosedur Kampus Merdeka yaitu selama 2 semester, begitupun dengan Mahasiswa UNPAD. Ini salah satu contoh penerapan Kampus Merdeka

Sedangkan untuk konsepnya sendiri, Mahasiswa diberikan kebebasan untuk mempelajari Ilmu yang mereka sukai, meskipun tidak sesuai dengan jurusan yang mereka ambil, namun di progaram kampus merdeka ini mereka dapat mempelajari bidang yang mereka inginkan sesuai dengan minatnya. Jadi salah satu tujuan dari kampus merdeka adalah memberikan dorongan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama 2 semester dengan jurusan yang berbeda pula. Dengan hal itu, mahasiswa tentunya akan mengetahui perbedaan pembelajaran yang dilakukan oleh masing-masing kampus.

Selain itu, penerapan kampus merdeka akan menciptakan mahasiswa yang berkompeten nantinya dengan beragam keilmuan yang mereka dapat selama studi untuk menghadapi dunia kerja. Dan tentunya memberikan kesempatan kepada mahsisawa untuk mempelajari ilmu-ilmu baru yang mereka dapat di kampus yang menjalankan program kampus merdeka ini. Kemudian, program ini juga membantu mahasiswa untuk bersosialisasi dengan lingkungan luar, agar tahu bagaimana menghadapi dunia luar. Sehingga, ketika mereka menghadapi dunia kerja, mereka sudah lebih siap nantinya karena sudah diajarkan cara belajar hidup di lingkungan masyarakat yang berbeda.


Jadi, Kampus Merdeka membantu sekali untuk memperkenalkan lingkup baru kepada mahasiswa. Selain itu, tentunya mahasiswa juga mendapatkan beragam ilmu dari keikusertaan program kampus merdeka ini. Bukan hanya itu, mahasiswa juga dapat merassakan sensasi perbedaan pembelajaran di lingkungan yang beda yang pastinya dapat menambah pengalaman dan wawasan yang lebih luas.


=