Notification

×

Iklan

Iklan

Fakultas Psikologi Uhamka Berikan Motivasi Santri La Tahzan dalan Persiapkan Melanjutkan ke Pendidikan Tinggi

Senin, 09 Agustus 2021 | 8/09/2021 07:34:00 PM WIB | Last Updated 2021-08-10T05:59:23Z


Serambiupdate.com
Persiapan pendidikan tinggi sangat penting untuk dipersiapkan sejak awal duduk di Sekolah Menengah Atas (SMA), agar tidak mengalami kebingungan  dan kesalahan dalam mengambil jurusan kelak. Banyaknya fenomena mahasiswa yang merasa tersesat dan salah mengambil jurusan  mendorong tim dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka yang terdiri dari Puti Archianti MPs Psikolog, Ajheng Mulamukti Mpsi Psikolog, dan Azizah Fajar Islam MSi turut melakukan program Pengabdian Masyarakat (Pengmas) berupa Webinar yang bertema Tentukan dan Raih Cita-citamu atas kerjasama dengan LPPM Uhamka pada hari Sabtu, (7/8).

 

Kegiatan webinar ini ditujukan untuk santri di Pesantren La Tahzan, Cikande Banten, khususnya santri kelas XI dan XII. Tujuannya adalah untuk mendorong Santri untuk memiliki motivasi berprestasi dan menentukan mimpi dan cita-cita yang akan mereka kejar setelah lulus SMA kelak.

 

Kegiatan ini adalah webinar kedua yang telah dilakukan, setelah webinar pertama pada selasa, 1 Juni lalu dengan peserta kelas XII yang telah lulus paa semester lalu.

 

Dalam kegiatan ini, peserta diberikan motivasi dan materi singkat tentang pentingnya memiliki tujuan atau goal serta motivasi untuk mencapai dan mewujudkan tujuan yang telah dimiliki yang disampaikan oleh Azizah.

Azizah menjelaskan bahwa,menentukan tujuan dan cita-cita tidak dilakukan dengan menentukan profesi atau pencapaian apa yang dimiliki, tetapi ditentukan setelah memahami diri dan mencari nilai dan misi hidup yang akan diwujudkan,”  tuturnya.

 

Dalam kegiatan inipula, peserta membuat life planning menuliskan profesi dan pencapaian yang akan menjadi tujuan dan cita-citanya, lalu menentukan langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan dan cita-cita tersebut. Dalam pembuatan life planning, santri diminta untuk membuat timeline dan strategi yang dibutuhkan untuk mencapai langkah-langkah tersebut.

 

Khadijah yang merupakan peserta kegiatan sekaligus santri kelas XII IPS merasa senang akan kegiatan ini, ia menuturnya “kegiatan ini  sangat menyenangkan dan harapannya webinar ini dapat dilakukan kembali, tuturnya.

=