Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FAI Uhamka Berikan Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi Zahir

04 Agustus 2021 | Rabu, Agustus 04, 2021 WIB | Last Updated 2021-08-04T12:39:54Z


Serambiupdate.com
Pelatihan akuntansi zahir bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keahlian (softskill) dibidang keuangan. Kegiatan ini diharapkan dapat melatih peserta membuat laporan keuangan berbasis aplikasi.

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen Fakultas Agama Islam yaitu  Anang Rohwiyono beserta tim yaitu Fatma Yeni dan  Gusniarti atas Kerjasama dengan LPPM Uhamka.

 

Adapun mitra dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu Kelompok Studi Ekonomi Islam Falah yang terlaksana selama 3 hari, yaitu hari Kamis tanggal 29 - 31 Juli dan Senin, tanggal 2 Agustus 2021.

 

Kegiatan ini sangat meriah dan mendapatkan antusias dari 50 peserta yang mengikuti berasal dari berbagai kampus yang ada di Jakarta seperti Universitas Pamulang, Tazkia Institute, UIN Jakarta, Institut Teknologi Telkom Jakarta, dan tidak terkecuali juga diikuti oleh mahasiswa dari kampus Uhamka.

 

Sebelum memberikan pelatihan, peserta diminta untuk mengisi pretest yang telah disediakan oleh Tim. dari hasil pretest diketahui bahwa 99% peserta belum pernah mendapatkan materi zahir sedangkan sebagian besar latar belakang pendidikan mereka adalah keuangan sehingga dengan adanya kegiatan pelatihan ini menjadi sarana dalam meningkatkan softskill yang mereka miliki.

 

Fatma Yeni selaku dosen akuntansi dan pemateri dalam pelatihan zahir ini mengungkapkan bahwa hampir semua peserta dapat memahami dan mengaplikasikan zahir dengan baik, hal ini dibuktikan dengan hasil postest yang menunjukan bahwa tingkat pemahaman peserta mengalami peningkatan dri hasil pretest sebelum pelaksanaaan praktek. Di samping itu, hasil output pelatihan juga dapat menunjukan bahwa peserta serius selama mengikuti acara dan materi yang disampaikan,” ujarnya dalam sambungan telpon.

 

Semua peserta memiliki semangat yang tinggi untuk mengikuti pelatihan ini, selama pelatihan setiap peserta harus menggunakan laptop karena langsung praktek. Diakhir acara semua peserta diminta untuk mengumpulkan output dari kegiatan pelatihan seperti daftar saldo piutang, daftar saldo hutang, daftar persediaan dan bukti kas masuk serta kas keluar.

=