Notification

×

Iklan

Iklan

Salah Satu Platform Pelajar Seluruh Dunia Untuk Fokus Belajar

09 Juli 2021 | Jumat, Juli 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-16T10:41:45Z

Karya Danya Setyo Nastiti

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka


Kasus virus Corona (Covid-19) yang sempat membuat warga negara Indonesia ketakutan di awal tahun 2020 lalu, kini terus menerus membuat warga negara Indonesia semakin panik. Pasalnya di pertengahan tahun ini atau lebih tepatnya di akhir bulan Juni 2021, kasus virus Corona (Covid-19) meningkat drastis. Di lansir dari detiknews.com pada tanggal 23 Juni 2021 data kasus positif Covid-19 sebanyak 15.308. Angka tambahan ini menjadi yang tertinggi selama pandemi terjadi.


Meningkatnya kasus Covid-19 ini, rencana untuk diadakannya sekolah ataupun kuliah tatap muka (offline) dibatalkan. Dibatalkannya rencana tersebut, kita sebagai pelajar sangat menyayangkan momen yang mana kita kembali belajar di kampus bertemu langsung dengan teman-teman maupun dosen. Sebagian pelajar pasti merasakan susahnya mendapatkan ‘fokus’ untuk belajar di rumah. Susah fokus dalam belajar adalah salah satu hal yang menyebalkan, apalagi kalau tugas sudah menumpuk.


Salah satu web berjudul “Study Stream” yang akan membuat para pelajar fokus untuk tetap produktif. Study Stream adalah komunitas belajar internasional buat pelajar dengan menggunakan web ini, pelajar yang susah fokus, di sini kalian bisa fokus untuk belajar karena salah satu inovasi dari web Study Stream ialah focus room atau ruang fokus. Focus Room ini, kita bisa belajar bareng sambil ditemani pelajar dari berbagai negara yang sedang produktif juga.


Buat para pelajar yang susah fokus dalam belajar bisa mengunjungi web studystream.live lalu pilih Focus Room. Disana ada dua pilihan ruangan yaitu untuk pelajar jenjang sebelum universitas (mayoritas SMA) dan mahasiswa. Kita tidak perlu bicara, cukup menyalakan kamera dan langsung belajar atau menyelesaikan tugas. Konsepnya kita ditemani orang yang lagi belajar juga tapi tanpa suara.


Ruangan University Students dan Young Professionals, audio bisa langsung tersambung akan tetapi kita tidak bisa menyalakan mic kecuali diminta oleh admin. Fitur chat juga ada, tapi hanya untuk mengirim pesan ke admin. Chat ke admin hanya untuk melaporkan pelanggaran seperti konten yang tidak pantas. Selain menyediakan Focus Room, Study Stream juga rutin mengadakan acara yang berkaitan dengan belajar, seperti seminar, diskusi grup, sesi mindfulness, dan lain-lain. 

=