Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Karakter Untuk Pendidikan

09 Juli 2021 | Jumat, Juli 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-16T10:42:38Z

Karya Ananda Klaudia Kurnia Setiawan

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka


Karakter adalah adalah nilai-nilai yang khas, baik watak, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini dan dipergunakan sebagai cara pandang, berpikir, bersikap, berucap dan bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.

 

Sementara itu, Pendidikan merupakan pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.


Anak-anak hanyalah seperti kertas putih yang kosong, karena mereka belum mengenal banyak hal dan memahami banyak hal, Nah! Orang tua dan lingkunganlah yang harus mengisi kertas tersebut. Selain ilmu pengetahuan yang didapatkan di sekolah, anak-anak juga harus dikenal kan dengan pendidikan karakter. Sekilasnya hal ini bukanlah yang terutama namun sangatlah penting.

 

Pendidikan karakter yang diberikan oleh orang tua itu sangatlah sederhana seperti jangan berbohong, berkata jujur, berbuat baik, saling berbagi dan berbagi tentang hal simple lainnya. Tetapi,  ada hal yang lebih penting dari sekedar mengajarkan anak melakukan kebaikan, yaitu menjelaskan kepada anak-anak dari usia mereka yang masih belia dan polos mengenai hal-hal apa saja yang termasuk dalam kegiatan berbohong dan apa saja yang harus mereka hindari. Mereka juga harus tahu bahwa berbohong mulai dari hal kecil akan memberikan keberanian untuk melakukan kebohongan yang lebih besar lagi. Nah, oleh karena itu marilah ajarkan pendidikan karakter kepada anak-anak kita sejak dini.

=