Notification

×

Iklan

Iklan

Platform yang Membantu Proses Pembelajaran di Rumah di Masa Pandemi Covid-19

09 Juli 2021 | Jumat, Juli 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-16T10:34:33Z


Karya Danya Setyo Nastiti

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris  FKIP Uhamka


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pada tanggal 2 Maret 2020, Indonesia mengalami musibah yang membuat semua warga negara Indonesia merasa ketakutan. Pasalnya, pada bulan Maret 2 WNI asal kota Depok tersebut terinfeksi Virus Corona atau yang bisa disebut dengan Covid-19. Sejak dari musibah itu pemerintah menerapkan karantina aktivitas publik (lockdown) mulai 20 Maret 2020, untuk mengatasi penyebaran wabah Virus Covid-19.


Adanya wabah Virus Corona ini berdampak pada semua sektor, salah satunya pada sektor pendidikan. Dinas Pendidikan memutuskan pembelajaran dilakukan dengan cara daring (online). Peserta didik yang akhirnya harus merasakan belajar di rumah atau pembelajaran jarak jauh. Dalam surat edaran No 4 tahun 2020, Mendikbud, Nadiem Makarim menyebutkan belajar dari rumah dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna untuk siswa.


Proses pembelajaran secara daring tentu berbeda dengan proses pembelajaran di sekolah, karena dengan pembelajaran di rumah atau secara daring banyak yang harus di persiapkan. Peserta didik harus memiliki handphone atau laptop, kuota internet dan jaringan internet yang stabil. Tidak hanya itu saja yang berperan penting dalam proses pembelajaran secara daring akan tetapi ada berbagai macam platform belajar online yang juga menjadi peranan penting.


Zoom, Google Meet, Google Classroom, Teams dan Schoology adalah sebagian platform belajar online yang menjadi peranan penting dalam proses pembelajaran secara daring. Dengan adanya platform belajar online tersebut, peserta didik akan lebih mudah untuk mengikuti proses pembelajaran di rumah. Setelah semua itu dipersiapkan, proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar.


Oleh karena itu, dengan adanya platform belajar online seperti Zoom, Google Meet, Google Classroom, Teams dan Schoology akan membuat proses pembelajaran khususnya di masa pandemi wabah Covid-19 ini menjadi lebih efektif dan efisien.


=