Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Muda

09 Juli 2021 | Jumat, Juli 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-16T10:35:40Z

Karya Danya Setyo Nastiti

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris  FKIP Uhamka


Seperti yang kita ketahui, pendidikan adalah suatu proses pembelajaran mengenai pengetahuan dan keterampilan yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pendidikan dapat diperoleh bagi setiap orang dimulai dari kecil sampai tua. Pendidikan sangat penting bagi semua orang yang bertujuan untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi dalam diri. Semakin bertumbuh dan berkembang setiap individu bisa memiliki kreativitas, pengetahuan yang lebih luas, kepribadian yang baik dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab.


Banyak orang berfikir bahwa pendidikan itu penting, akan tetapi tidak sedikit pula yang berfikir bahwa pendidikan itu tidak penting. Apalagi bagi masyarakat yang tinggal dipedesaan ataupun daerah terpencil, mereka menganggap pendidikan itu tidak penting. Bagi mereka, lebih baik bekerja daripada sekolah. Alasan utamanya sudah pasti bisa ditebak, karena jika bekerja mereka bisa mendapatkan uang, sedangkan sekolah hanya buang-buang uang saja. Di tambah lagi dengan kondisi saat ini yang sangat susah mencari pekerjaan.


Berbicara mengenai pentingnya pendidikan, tentu saja telah menjadi kebutuhan utama yang tidak bisa ditinggalkan saat ini mengingat betapa pentingnya pendidikan. Melalui pendidikan, seseorang akan diukur potensi diri yang dimiliki terhadap karir yang harus disiapkan untuk menghadapi masa depan, seperti dunia kerja dan sebagainya. Banyak hal-hal lain dari kehidupan kita yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan. Semakin baik pendidikan yang kita tempuh dan diperoleh, maka semakin baik pula pola hidup kita sekarang dan potensi masa depan yang akan kita dapatkan.


Alasan mengapa kita harus paham betapa pentingnya pendidikan untuk kita tempuh guna mempersiapkan kehidupan di masa mendatang, yaitu untuk memperoleh kehidupan yang stabil dan terarah, potensi lapangan kerja yang luas, memperbaiki pola kepribadian diri, merubah mindset tentang hidup, mampu membedakan kebenaran dan kesalahan.


Oleh karena itu, Pendidikan sangatlah penting bagi generasi muda. Generasi muda yang akan meneruskan generasi sebelumnya untuk meraih cita-cita. Dengan adanya Pendidikan ini, kita bisa menelusuri ilmu-ilmu yang akan membuat kita sebagai manusia memiliki akal dan pikiran yang cerdas serta memiliki wawasan yang luas.


=