Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen Uhamka adakan Pelatihan Morfologi Bahasa di Ranting Muhammadiyah Depok

18 Juli 2021 | Minggu, Juli 18, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-18T08:04:13Z


Serambiupdate.com 
Tim Pengabdian Masyarakat  Universitas Muhammadiyah Prof. DRHamka yang terdiri dari dosen, mahasiswadan praktisi bidang  bahasa turut memberikan pelatihan keterampilan menterjemahkan ayat-ayat Al-Qurán Melalui Pendekatan Morfologi.

 

Pelatihan ini bertempat di Pimpinan Ranting Muhammadiyah Depok Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatakan penguasaan dalam menterjemahkan ayat-ayat Al-Qurán dan dapat menjadikan sebuah pembelajaaran yang Efektif, efisien, dan menyenangkan khususnya Bahasa Arab di Ranting Muhammadiyah Depok.

 

Kelompok pengabdian masyarakat ini terdiri dari 2 orang dosen dan 2 orang mahasiswa serta diikuti warga Ranting Muhammadiyah Mampang Depok sebagi peserta dengan jumlah sekitar 58 peserta pelatihan.

 

Hariyadi, C. FH. M. Pd. I yang merupakan Ketua Ranting Muhammadiyah Depok, “Sebenarnya kendala sistem Akses menjadikan Ranting Muhammadiyah  ini minim akan pelatihan-pelatihan sebuah pembelajaran dan juga  kurangnya pelatihan-pelatihan sebuah pembelajaran  yang sangat terbatas” ucapnya.

 

Fitriliza, MA selaku pemateri sekaligus ketua tim pengmas sekaligus sebagai narasumber utama dalam pelatihan ini.  Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman para Anggota ranting Muhammadiyah Mampang Depok dalam memahaman akan ragam ketranpilan menterjemahkan ayat-ayat Al-Qurán ,Melalui pendekatan Morfologi di ranting Muhammadiyah Depok Jawa Barat,” ujarnya.

 

Selain memberikan pelatihan di bidang morfologi dalam memahami dan mentafsirkan ayat Alquran, tim pengabdian Uhamka juga menyampaikan tentang penyusunan kata yang tepat, dan salah satunya dengan mengkaji seluk beluk morfologi bahasa Arab.

 

Sebuah program dapat berjalan dengan lancer dengan memenuhi berbagai unsur-unsur termasuk unsur evaluasi. Evaluasi yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini berbentuk sebagai berikut dengan melakukan diskusi singkat dengan para peserta untuk kebermanfaatan program dengan teknik diskusi partisipatoris juga mengukur keberhasilan program pelatihan dengan melakukan test tulis untuk materi terhadap para peserta, jika ditemukan ketidak tepatan maka akan dievaluasi penyampaian programnya.

 

Pelatihan ini memberikan banyak wawasan kebahasaan bagi para warga Ranting Muhammadiyah Depok, salah satunya Muhamad Husni Mubarok yang merupakan anggota tetap ranting ini, ia mengungkapkan “kami berharap peningkatan pengetahuan dan keahlian yang disampaikan secara rutin dapat lebih meningkatkan kemampuan dan kualitas pemahaman kita dalam berbagai jenis materi, terutama dengan bantuan tim pengabdian masyarakat Uhamka yang berkesinambungan" Imbuhnya.

=