Notification

×

Iklan

Iklan

Memotivasi Siswa Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Dengan Blog

19 Juli 2021 | Senin, Juli 19, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-19T13:46:13Z


Serambiupdate.com Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka turut melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakanakan di SMA Muhammadiyah 13 Tomang Jakarta Barat pada tanggal 15-16 Juli 2021.


Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi bahwa blog dapat menjadi komponen penting dalam teknologi pendidikan karena blog mendorong literasi melalui penulisan, dan juga memungkinkan pembelajaran kolaboratif, menyediakan akses kapan saja dan  di mana saja.


Ada empat skil dalam bahasa Inggris: menulis, membaca, mendengar, dan berbicara. Bagi siswa Indonesia, Menulis merupakan skil yang paling sulit. Ada berbagai alasan mengapa hal ini dapat terjadi. Penyebab utamamnya adalah berasal dari siswa itu sendiri karena tidak termotivasi untuk menulis dan kurangnya latihan dan pengetahuan menulis.


Alasan lainnya adalah guru pengampu mata pelajaran bahasa Inggris menggunakan strategi mengajar yang tidak menarik. Guru menggunakan cara tradisional dengan hanya memberikan tugas menulis dengan topik yang telah ditentukan dalam waktu relatif singkat kemudian mengoreksi dan memberi nilai. Kegiatan ini telah berlangsung lama. Guru juga tidak mengintegrasikan pelajaran menulis dengan media. Akibatnya, siswa menganggap pelajaran menulis adalah pelajaran yang membosankan karena tidak dapat membangkitkan minat mereka untuk menulis.


Syaadiah Arifin selaku Dosen Uhamka mengungkapkan bahwa “ada berbagai alasan kegiatan ini harus dilaksanakan untuk siswa SMA khususnya Muhammadiyah 13 Tomang Jakarta Barat. Karena kegiatan menulis menulis merupakan skill yang sulit dikuasai. Maka dari itu kami hadir memberikan pengajaran kepada siswa cara menulis simple sentences menggunakan Simple Present Tense dan Simple Past Tense melalui media menulis Blog,” ujarnya.


Kegiatan menulis dengan mengaplikasian teknologi terutama dalam pelajaran bahasa membuat siswa lebih termotivasi. Pada umumnya mereka menunjukan sikap positif terhadap penggunaan teknologi dalam pengajaran dan pembelajaran. Pengaplikasian teknologi juga membuat siswa menjadi pembelajar mandiri dan independen dalam belajar. Salah satu cara yang dapat memotivasi siswa menjadi pembelajar mandiri adalah dengan mengintegrasikan blog kelas dalam kelas menulis. Aktifitas ini banyak memberikan keuntungan bagi siswa dan guru.


Menulis di blog dapat menghubungkan antara guru dan siswa dan juga sesama siswa diluar kelas. Selain itu siswa dapat mengekspresikan pendapatnya melalui tulisan sederhana dalam bahasa Inggris yang akan dibaca oleh teman maupun guru sehingga dapat terjadi diskusi yang menarik.


Pada kegiatan ini Tim Pengmas mengajarkan siswa bagaimana cara menulis simple sentences menggunakan Simple Present Tense dan Simple Past Tense. Adapun thema yang diambil disesuaikan dengan syllabus pada saat ini mengenai Recount, Narrative, dan juga sebagai tambahan siswa diajarkan cara menulis ketika cara memperkenalkan diri. Siswa juga berlatih memperkenalkan diri mereka di blog dan menulis mengenai pengalaman mereka yang tak terlupakan, atau berbagi informasi menarik mengenai sesuatu yang sudah mereka alami. Semuanya ditulis dalam bahasa Inggris. Semua kegiatan yang belangsung secara daring melalui Zoom Meeting.


Diharapkan dengan mempunyai blog, setiap siswa dapat berlatih menulis di rumah. Siswa lain dan guru dapat membaca blog mereka, mereka dapat berdiskusi ataupun guru dapat memberi saran jika ada kesalahan. Ketika menulis blog di rumah, siswa akan mempunyai banyak waktu untuk merencanakan apa yang ditulis, mencari kata sulit, ataupun dapat membaca catatan mereka ketika mendapat kesulitan ketika menulis blog. Hal ini membuat siswa lebih santai karena mereka dapat menulis kapanpun dengan waktu yang lebih flexible dibandingkan di kelas.

=