Notification

×

Iklan

Iklan

LPPM Uhamka Kembangkan Ekowisata di Desa Gekbrong

19 April 2021 | Senin, April 19, 2021 WIB | Last Updated 2021-04-19T07:11:42Z


Serambiupdate.com
Tim Pengembangan Ekowisata LPPM UHAMKA yang dipimpin oleh Gufron Amirullah  dan Agus Pambudi Dharma Dari Prodi Pendidikan Biologi Uhamka melaksanakan kegiatan pendampingan Ekowisata di Desa Gekbrong Cianjur. Hadir mendampingi Ketua LPPM UHAMKA, Nani Solihati. 


Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2020 diawali dengan diskusi terpumpun bersama Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Wahju Rudianto. “Balai Besar Taman Nasional sangat senang dengan kehadiran UHAMKA yang akan mengeksplore potensi kawasan taman nasional. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mempunyai luas kawasan 24.278, 84. Ha dan merupakan salah satu dari 5 taman nasional tertua di Indonesia. Kawasan yang berada di tiga wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor ini memiliki sumber daya air dan keanekaragaman hayati yang cukup tinggi" papar  kepala balai.


 Selain itu Kepala Balai Besar TNGGP menjelaskan potensi taman nasional dengan membuat  sistem pembagian zonasi, 15 resort pengelolaan, potensi TNGGP (flora, fauna, wisata, hidrologi, dan karbon), pemanfaatan jasa lingkungan, kondisi pengunjung dan PNBP. Selain itu Kepala balai juga menyampaikan 5 Prinsip Pengelolaan Ala TNGGP yaitu: mengetahui potensi wilayah kerja, tren kondisi (data time series), program yang akan dilakukan (program berbasis scientific/ berbasis data), mengetahui tipologi masyarakat sekitar wilayah kerja dan nilai kemanfaatan kawasan kepada masyarakat. 


UHAMKA mengoptimalkan  kerjasama untuk memberikan dampak yang positif bagi kedua lembaga dalam program pemberdayaan masyarakat sekitar balai TNGGP.  Kegiatan yang dirancang antara lain  dengan melakukan pelatihan peningkatan keterampilan untuk kesejahteraan masyarakat di Desa Gekbrong. 


“Pengembangan ekowisata di Desa Gekbrong oleh Uhamka merupakan komitmen perwujudan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah” ujar Gufron Amirullah selaku ketua tim. “Salah satu strategi yang dapat secara kongkret dilakukan adalah pendamingan instrumen Ekowisata baik berupa panduan maupun lembaga layanan jasa  ekowisata" papar Agus Pambudi selaku anggota tim. 


Kegiatan ditutup dengan dengan kunjungan ke Kebun Paprika Tani Cipruk Hijau sebagai lokus Ekowisata Desa Gekbrong. Hasil olahan kebun ini sudah  dimanfaatkan oleh Koperasi Uhamka untuk kebutuhan dosen dan karyawan. 

=