Notification

×

Iklan

Iklan

Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19

19 April 2021 | Senin, April 19, 2021 WIB | Last Updated 2021-04-19T07:35:24Z




 Eka Puspaningrum, Mahasiswa UHAMKA


Serambiupdate.com Sudah lebih dari satu tahun pandemi Covid-19 muncul dan menyebar di berbagai Negara termasuk Indonesia. Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar pada berbagai sektor kehidupan, terutama sektor pendidikan.

 

Seluruh jenjang pendidikan seperti ‘dipaksa’ bertransformasi untuk beradaptasi secara tiba-tiba untuk melakukan pembelajaran dari rumah melalui media daring (online). Adaptasi seperti ini bukanlah hal yang mudah, karena belum sepenuhnya siap. Kondisi pandemi ini mengakibatkan perubahan media pembelajaran.

 

Pembelajaran secara offline (tatap muka) memerlukan tempat dalam bentuk fisik untuk menampung pendidik dan peserta didik, sedangkan pembelajaran secara online tidak membutuhkan tempat secara fisik, hanya membutuhkan laptop atau smartphone sebagai sarana pembelajaran yang tentunya dapat diakses dimanapun kita berada. Sehingga kita dapat belajar langsung di tempat tinggal.

 

Pembelajaran secara offline memiliki kelebihan pada saat proses belajar mengajar. Karena dalam pengajaran tatap muka secara langsung, pendidik dapat lebih mudah mengawasi semua peserta didik dan memastikan bahwa setiap peserta didik memperhatikan pelajaran dengan baik. Sedangkan saat proses belajar mengajar secara online, banyak yang kesulitan dalam hal koneksi atau jaringan internetnya. Karena tanpa jaringan internet, pembelajaran online tidak akan berjalan. Ada resiko bahwa informasi yang disampaikan pendidik tidak akan sampai ke seluruh peserta didik secara merata.

 

Melalui pendidikan, akan melahirkan generasi penerus yang cerdas intelektual maupun emosional, terampil, dan mandiri untuk mencapai pembangunan bangsa ini. Namun muncul perdebatan masyarakat pada perubahan di masa pandemi covid-19. Hal ini tentu terasa berat oleh pendidik dan peserta didik. Terutama bagi pendidik, dituntut untuk kreatif dalam penyampaian materi melalui media pembelajaran daring. Ini perlu disesuaikan dengan jenjang pendidikan dalam kebutuhannya.

 

Walaupun ada perubahan media pembelajaran di masa pandemi ini, kita tidak boleh menyerah. Intinya bersikap disiplin, fokus dan konsentrasi selama belajar dimanapun itu. Menuntut ilmu dimana saja dan dengan siapa saja. Jangan hanya terpengaruh dengan satu orang. Ilmu pengetahuan dan teknologi di zaman ini sudah canggih. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya.

=