Notification

×

Iklan

Iklan

Kemendikbud Memberikan Bantuan Gratis Kuota Belajar

14 April 2021 | Rabu, April 14, 2021 WIB | Last Updated 2021-04-22T01:08:00Z


(Danya Setyo Nastiti / Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHAMKA)

Serambiupdate.com Sejak adanya pandemi Covid-19 di Indonesia, banyak berbagai macam perubahan yang terjadi karena pengaruh buruk dari pandemi ini. Salah satu perubahan yang terjadi karena pengaruh buruk dari pandemi Covid-19 yaitu kegiatan pembelajaran dialihkan melalui daring (online). Hal ini peserta didik dituntut untuk memiliki kuota dan koneksi internet yang stabil.

 

Peserta didik berupaya memaksimalkan dirinya untuk mengikuti proses pembelajaran secara daring (online), akan tetapi hampir dari semua peserta didik mengeluh karena memiliki keterbatasan kuota internet untuk mengikuti pembelajaran secara daring (online). Pasalnya media daring (online) seperti aplikasi Zoom, Google Meet, Google Classroom dan Youtube cukup memakan banyak kuota dalam penggunaan-nya. Meskipun aplikasi tersebut memakan kuota yang banyak, aplikasi itulah yang membantu proses pembelajaran secara daring (online).

 

Tidak hanya proses pembelajaran secara daring (online) saja yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini, perekonomian yang terjadi pada masing-masing keluarga peserta didik pun ikut kena dampaknya. Dilihat dari perekonomian keluarga yang juga ikut terkena dampak buruk dari pandemi ini dan peserta didik yang harus memiliki kuota belajar yang cukup, dengan hal tersebut mereka akan merasa terbebani. Oleh karena itu, peserta didik mengeluh kalau harus membeli kuota internet setiap bulan bahkan setiap minggu untuk mengikuti proses pembelajaran secara daring (online) seperti ini.

 

Dengan demikian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengirimkan subsidi kuota belajar untuk peserta didik pertanggal 11-15 setiap bulannya. Bantuan kuota gratis tersebut akan berjalan sampai Mei 2021. Kini besaran subsidi kuota hanya 7 gigabyte (GB) perbulan untuk siswa PAUD, 10 GB untuk siswa pendidikan dasar dan menengah, 12 GB untuk guru, dan 15 GB untuk mahasiswa dan dosen.

 

Singkatnya, dengan adanya bantuan kuota belajar yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada semua peserta didik, guru maupun dosen dikondisi pandemi seperti ini akan membantu proses belajar-mengajar secara daring (online).

 

=