Notification

×

Iklan

Iklan

Penyusunan Instrumen melalui Kahoot Oleh Dosen Pendidikan Sekolah Dasar UHAMKA bersama LPPM UHAMKA untuk Guru SD

26 Juni 2020 | Jumat, Juni 26, 2020 WIB | Last Updated 2021-04-19T17:04:12Z

Serambiupdate.com Kegiatan pengabdian kali ini dilakukan oleh tim dosen dari FKIP Pendidikan Sekolah Dasar UHAMKA bersama dengan LPPM UHAMKA untuk memperkenalkan dan melatih guru SDN Pasar Minggu 01 dan Pasar Minggu 03 dalam penyusunan instrumen sains dengan menggunakan media Kahoot (23/6/2020). Diharapkan dapat membantu para guru dalam menyusun instrumen questionnaire untuk penelitian sains mereka.

Menurut Prima Mutia Sari selaku Pihak Kedua dalam kegiatan ini bahwa "Guru-guru di sekolah tersebut sebagian besar masih memiliki keterbatasan dalam penyusunan instrumen keterampilan proses sains dan penggunaan media Kahoot. Beberapa masalah yang dihadapi banyak guru belum memiliki pengetahuan, keterampilan dan motivasi dalam penyusunan instrumen keterampilan proses sains berbantuan media Kahoot." Akan karena itu pengetahuan dalam menggunakan Kahoot dinilai sangat penting bagi para guru, ujar beliau.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan pada Selasa, 23 Juni 2020 pada pukul 07.00. Kegiatan ini berfokus pada 4 kompetensi yaitu dari : Knowledge (Pengetahuan tentang keterampilan proses sains dan media kahoot) Skill (Terampil dalam menyusun proses sains ilmiah dan media Kahoot), Attitude (motivasi dalam penyusunan instrument keterampilan proses sains berbantuan media Kahoot), Produk (memiliki instrumen keterampilan proses sains berbantuan media Kahoot yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pembelajaran di kelas). Kegiatan ini diawali dengan pelatihan yang komprehensif dimulai dari pemahaman keterampilan proses sains dan penggunaan media Kahoot serta workshop penyusunan instrumen keterampilan proses sains berbantuan media Kahoot. Sehingga nantinya diharapkan guru dapat menghasilkan keterampilan proses sains dan instrumen berbasis Kahoot dan dapat menggunakannya.

Oleh karena itu, kegiatan seperti ini sangat penting nantinya bagi para guru terutama yang sedang melakukan karya ilmiah atau penelitian. Karena untuk menyusun sebuah questionnaire, media kuis pertanyaan seperti kahoot sangatlah penting untul menyusun pertanyaan baik untuk penelitian atau sebagai ujian atau tes bagi partisipan yang ikut seperti siswa dan kalangan lainnya. (GFJ)

=