Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FKIP Uhamka bersama LPPM Berikan Pelatihan PJJ Terhadap Guru SD di Ciawi

10 Mei 2020 | Minggu, Mei 10, 2020 WIB | Last Updated 2021-04-19T14:20:41Z

Serambiupdate.com  Guru-guru SD 01 & 02 Ciawi menerima pelatihan membuat animasi pembelajaran yang diadakan oleh Dosen FKIP dan LPPM UHAMKA (8-9/5/2020).

“Tujuan dari program pelatihan Media Pembelajaran Powtoon dan Sparcol ini adalah untuk membuat guru ‘melek’ terhadap IPTEK dan pengembangan media pembelajaran Prezi, Powtoon dan Sparcol.” Ujar Septi Fitri Meilana selaku ketua pelaksana dari program pelatihan ini.

Pelatihan ini merupakan bagian dari Program Kemitraan Masyarakat yang wajib dilakukan oleh dosen-dosen sebagai bentuk pengabdian kepada masayrakat.

Pelatihan yang diadakan secara daring ini didasari karena masih kurangnya kemampuan guru SD dalam mengoptimalkan media IPTEK untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ). Di mana dalam kondisi pandemi ini, kemampuan mengolah dan mengoperasikan media pembelajaran secara daring menjadi suatu nilai plus tersediri bagi para guru.

Septi memaparkan bahwa kendala yang paling sering ditemui dalam mengajarkan dalam materi di kelas adalah kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran.

“melalui daring dengan platform google form ditemukan pula kendala yang paling urgent, yaitu banyaknya. siswa yang kurang teliti dalam mengerjakan soal dan beberapa siswa yang masih belum memahami materi yang diajarkan oleh guru” tambahnya.

Selain memberikan pelatihan membuat media animasi pembelajaran. Septi dan tim juga memberikan motivasi kepada guru agar tetap semangat dan terus berkreasi dalam menjalankan pembelajaran secara daring ini dengan baik.

Peserta pelatihan mengakui sangat terbantu dengan pelatihan ini. Di mana sebelum bisa membuat media animasi pembelajaran ini, pembelajaran jarak jauh diakui tidak efektif dalam merangkul minat siswa untuk menyimak pembelajaran.

=