Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen Farmasi bersama LPPM UHAMKA adakan Workshop Pembuatan Handsanitizer di Masa Pandemi

09 Maret 2020 | Senin, Maret 09, 2020 WIB | Last Updated 2021-04-20T16:13:26Z


Serambiupdate.com
 Dosen Fakultas Farmasi bersama LPPM UHAMKA mengadakan kegiatan yang bertemakan Edukasi Pemanfaatan Bahan Alam sebagai Shampo Antidandruf dan Workshop Pembuatan Shampo Aloe Vera di Ibu-ibu PKK Puri Bojong Lestari, Citayam, Bogor, Jawa Barat (08/03/2020) dengan jumlah peserta 20 orang. 


Ari Widayanti selalu ketua kegiatan menuturkan bahwa "tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan informasi dilakukan edukasi pemanfaatan bahan alam Aloe Vera sebagai sampo anti dandruf, bertambah wawasannya dan juga meningkat pemahamannya terhadap manfaat Aloe Vera sebagai bahan baku sampo serta mampu membuat sampo anti dandruf sendiri dari bahan-bahan yang mudah didapat dan berbahan alami," ujarnya.


Sasaran pelatihan dan workshop pengabdian ini adalah para ibu-ibu agar mereka memahami manfaat dan dapat mempraktekkan pembuatan Kosmetika Sampo dan mengetahui bahan-bahan alami yang dapat dipakai di lingkungan rumah. 


Pemanfaatan tanaman obat keluarga marak saat ini, terutama di kalangan ibu rumah tangga dengan meningkatnya pemahaman masyarakat untuk meminimalisir pemakaian obat-obat kimia. 


Materi difokuskan pada pemanfaatan bahan alami di sekitar lingkungan rumah yang dapat digunakan sebahan bahan pembuat bahan PHBS meliputi sampo, sabun, dan Hand sanitizer, yang dapat digunakan untuk mencegah infeksi terhadap wabah virus corona. 


Dari hasil yang didapatkan ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan, cukup efektif dalam meningkatkan pengetahuan peserta mengenai tentang PHBS.

=