Notification

×

Iklan

Iklan

Perlunya Tingkatkan Kreativitas Anak PAUD di Palu guna Majukan Pendidikan

16 Januari 2023 | Senin, Januari 16, 2023 WIB | Last Updated 2023-01-16T06:03:23Z

 


Serambiupdate.com
- Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, Sulawesi Tengah, meminta kepada para pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk meningkatkan kreativitas pada anak.

 

"PAUD merupakan awal pembinaan pendidikan dalam membangun kreativitas anak dengan metode bermain sambil belajar," ujar Irmayanti Petalolo selaku Sekretaris Daerah Kota Palu saat memimpin rapat persiapan Gebyar PAUD Kota Palu, Rabu.

 

Dalam hal ini, ia mengatakan bahwa pendidikan merupakan salah satu sektor prioritas yang dikembangkan oleh Pemkot Palu saat ini, termasuk satuan pendidikan anak usia dini dengan menerapkan materi belajar yang lebih edukatif guna membangun karakter anak sebagai fondasi dasar dalam melanjutkan pendidikan.

 

"Menumbuhkan kreatifitas anak harus didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) dengan tenaga pendidik yang memadai, termasuk pengelola pendidikan," ucap Irmayanti.

 

Selain tenaga pendidik, dukungan dari para Bunda PAUD di masing-masing kecamatan juga penting dalam melakukan pembinaan karena pendidikan merupakan salah satu hak dasar anak yang harus dipenuhi oleh pemerintah.

 

Dengan demikian, menciptakan generasi unggul dapat dimulai dari pendidikan dini, sehingga Pemkot Palu mendukung sepenuhnya penyelenggaraan kegiatan pendidikan yang menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota, ditambah tingkat partisipasi anak untuk masuk PAUD kini harus berada pada angka 70 persen.

 

Oleh karena itu, untuk mencapai tingkat partisipasi tersebut, diperlukan pula peran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan selain peran dari guru dan juga Bunda PAUD dalam upaya mencapai target 70 persen bahkan lebih.

 

"Kita ingin anak-anak di kota Palu dapat mengakses pendidikan formal karena pemerintah sudah menyiapkan berbagai fasilitasnya," tutup Irmayanti.

ADP/SAN

=