Notification

×

Iklan

Iklan

PLP II Mahasiswa PG PAUD UHAMKA: Asah Kemampuan Mengajar di KB-TK Islam Birrul Amin

15 Desember 2022 | Kamis, Desember 15, 2022 WIB | Last Updated 2022-12-15T13:51:01Z


Serambiupdate.com – Mahasiswa program studi PG PAUD FKIP UHAMKA melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 (PLP 2) di KB-TK Islam Birul Amin Jalan Anggur II, Cilandak, Jakarta Selatan pada tanggal 10 Oktober sampai dengan 12 Desember 2022 dengan kelompok yang beranggotakan Farah Qothrunnada, Rosya Alvina Zaida, Shakira Shanzivani, Puput Aprilianarsih, Jihan Khansa Khairunnisa, dan Nisrina Choirunnisa. Ibu Amelia Vinayastri, S.Psi., M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan, Ibu Zulfa Agustina, S.Pd selaku kepala sekolah dan Ibu Ernawati, S.Pd  selaku guru pamong.


Kegiatan PLP 2 yang berlangsung selama dua bulan tersebut telah mendapat kesempatan untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka sebagai contoh sekolah penggerak. KB-TK Islam Birrul Amin mengimplentasikan model pembelajaran sentra. Terdapat 6 sentra, yaitu Sentra Seni, Sentra Imtaq, Sentra Persiapan, Sentra Bahan Alam, Sentra Balok, dan Sentra Main Peran. Pembelajaran model sentra yang diterapkan oleh KB-TK Islam Birrul Amin merupakan model yang tepat untuk merangsang seluruh aspek kecerdasan anak melalui bermain yang terarah.  


Selain itu terdapat kegiatan Qiroati dan Fonik sebagai kegiatan intrakurikuler wajib yang rutin dilakukan. Kegiatan Qiroati bertujuan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal huruf-huruf hijaiyah dan cara membacanya. Sedangkan kegiatan Fonik bertujuan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan.


Ernawati selaku koordinator guru pamong dengan tegas berkata, "Ambilah segala ilmu yang baik, yang bisa kalian dapatkan, buang yang buruk. Salurkan ilmu dan pengalaman yang kalian dapat ketika menjadi calon pendidik kelak."


Farah Qothrunnada selaku ketua kelompok dia berkata, “Kami mempelajari beberapa hal yang berkaitan dengan sekolah, antara lain kurikulum merdeka dan strategi pembelajaran. Dan juga kami mengobservasi cara guru-guru dalam mendidik anak, pembuatan perangkat pembelajaran seperti RPPH, dan media edukatif untuk penunjang bermain dan belajar anak.”


“PLP 2 ini membuat kami memiliki banyak pembelajaran sekaligus pengalaman yang tidak pernah didapatkan di kelas, saat kami datang ke KB-TK Islam Birrul Amin merasa pengetahuan kami zero namun selama 2 bulan ini kami bisa menambah banyak pengetahuan," Tambahnya.


Zulfa Agustina selaku kepala sekolah dia berkata, “Senang bisa menjadi salah satu sekolah yang diajak kerjasama dengan mahasiswa UHAMKA untuk pelaksanaan PLP 2 ini. Kalian mahasiswa silahkan ambil ilmu pengetahuan disini sebanyak-banyaknya.”


“Tentunya dengan melaksanakan kegiatan PLP 2 di TK-KB Islam Birrul Amin, mahasiswa banyak mendapatkan ilmu, pengalaman dan banyak manfaat lain yang dapat diimplementasikan sebagai calon pendidik di masa depan. Kepala sekolah dan rekan guru di KB-TK Islam Birrul Amin mengajarkan kami teladan untuk menjadi calon pendidik yang profesional dan kompeten dalam mengemban tugas sebagai pondasi untuk mencerdaskan anak bangsa di masa depan kelak.” Ucap Shakira.


"Kami juga sangat berterima kasih dan beruntung bisa melaksanakan PLP 2 di sekolah tersebut, karena metode pembelajaran sangat menyenangkan dan memiliki lingkungan bersih, dan aman," Tambahnya. 

=