Notification

×

Iklan

Iklan

Alami Pergantian Musim, Sekolah Harus Tingkatkan Tes Covid-19

Selasa, 13 September 2022 | Selasa, September 13, 2022 WIB | Last Updated 2022-09-13T03:15:02Z


Serambiupdate.com Retno Asti Werdhani selaku Ketua Dapartemen Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) mengungkapkan bahwa seluruh sekolah harusnya menggerakkan tes kesehatan Covid-19 di setiap satuan pendidikan di tengah pergantian musim.

 

“Gejala yang terjadi pada anak-anak umumnya lebih ringan dan tidak mengalami gejala atau orang tanpa gejala (OTG). Yang mana kita tidak bisa tahu bahwa orang-orang ini memiliki virus Covid-19,” ujar Asti dalam Talkshow Pengawasan Protokol Kesehatan di Sekolah yang dilaksanakan secara daring di Jakarta, Senin (12/9).

 

Maka dari itu, Asti menanggapi fenomena anak-anak terserang batuk dan pilek di musim pergantian dengan mengungkapkan bahwa yang penting untuk dilakukan adalah pemeriksaan Covid-19 untuk dapat mengidentifikasi gejala flu tersebut termasuk gejala Covid-19 atau bukan.

 

Tes Covid-19 dapat menolong orang tua untuk meningkatkan perlindungan pada anak, terutama untuk anak di bawah usia enam tahun yang belum melaksanakan vaksinasi. Untuk memastikan kondisi tubuh anak, orang tua dapat menggunakan antigen atau tes PCR agar bebas dari infeksi Covid-19.

 

Menurut Retno masih banyak anak-anak yang terkena Covid-19 namun tidak memperlihatkan gejala pendukung sehingga tes harus dilakukan setelah anak mengalami gejala-gejala Covid-19 seperti tidak enak badan, sakit tenggorokan, demam, pilek, dan batuk.

DYL

×
Berita Terbaru Update