Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaat Laporan Arus Kas Bagi Perusahaan

Senin, 11 Juli 2022 | Senin, Juli 11, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-11T09:22:14Z

  



Oleh : M. Rendy Mardani

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Setiap perusahaan memiliki laporan arus kas. Laporan arus kas adalah salah satu laporan keuangan yang dibuat periode tertentu. Laporan arus kas bisa diartikan sebagai laporan yang berisi pendapatan dan pengeluaran suatu perusahaan pada periode tertentu. Laporan ini biasanya disusun secara beruntun dan sistematis. Laporan arus kas berisi jumlah kas yang diterima, beban, prive, pembayaran utang, dan sebagainya.  

Informasi dari laporan arus kas yang didapatkan nantinya kana sangat berguna bagi perusahaan, apalagi laporan arus kas tertulis sangat lengkap. Laporan arus kas membantu mengontrol keuangan perusahaan. Dengan mengawasi arus kas, perusahaan bisa melihat kondisi keuanganya dan mempermudah melihat berbagai pengeluaran dan pemasukan perusahaan. Laporan arus kas bisa membantu dalam mengetahui apakah sebuah perusahaan tersebut sehat atau tidak. Sebuah perusahaan sehat bisa dilihat dari kemampuannya dalam membayar kewajibannya.

Laporan arus kas juga memiliki banyak jenis tergantung kebutuhan perusahaan itu sendiri seperti cash from operation activities, free cash flow to equity, free cash flow to the firm, dan net change in cash. Pertama ada cash from operation activities, jenis ini merupakan uang tunai yang didapatkan dari aktifitas bisnis utama perusahaan, namun tidak termasuk investasi. Kedua ada free cash flow to equity, jenis ini merupakan arus kas yang mewakili ketersediaan jumlah uang tunai perusahaan setelah diinvestasikan ulang ke dalam bisnis (dimodalkan). Ketiga ada free cash flow to the firm, jenis ini merupakan kondisi dimana perusahaan tidak memiliki sejumlah hutang. Dan yang keempat net change in cash, jenis ini merupakan perubahan nilai arus kas untuk satu periode ke periode berikutnya yang biasanya tertera pada bagian bawah laporan arus kas.

Laporan arus kas mempunyai peran bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu, sebuah perusahaan harus membuat laporan arus kas secara rapih agar mudah dibaca. Dengan membuat laporan arus kas dengan benar  akan memudahkan dalam mengelola sebuah perusahaan. Perusahaan juga bisa menganalisis kondisi perusahaan dan menyusun langkah selanjutnya berdasarkan laporan tersebut. Demikian manfaat laporan arus kas pada sebuah perusahaan.

×
Berita Terbaru Update