Notification

×

Iklan

Iklan

Psikolog Ungkap Cegah Anak Dari Pedofil Dengan Pendidikan Seks Sejak Dini

Kamis, 30 Juni 2022 | Kamis, Juni 30, 2022 WIB | Last Updated 2022-06-30T04:26:19Z


Serambiupdate.com Pelecehan terhadap anak semakin banyak terjadi. Bahkan hal tersebut terjadi di tempat umum yang membuat para pelaku tidak takut atau malu. Dengan hal itu, sangat penting membentengi anak dengan memberinya pemahaman tentang bagian-bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang asing.

Anggota tubuh mereka sendiri adalah hal utama yang harus dijaga dan dilindindungi. Anak sejatinya berhak berkata tidak atau menolak dan membela diri untuk disentuh oleh orang asing. Ketidaktahuan anak terhadap hal tersebut dapat dimanfaatkan para pelaku pedofilia untuk melampiaskan nafsu mereka.


Vera Itabiliana Hadiwidjojo selaku Psikolog Anak dan Remaja mengingatkan bahwa orang tua seharusnya dapat memberikan pengawasan terbaik kepada anak- anaknya. Terkhusus kepada mereka yang masih dibawah usia 12 tahun. Orangtua juga perlu memberikan anaknya cara untuk melindungi diri, seperti memberikan pendidikan seks kepada anak sejak dini.


“Silakan berikan anak kita pendidikan seks sejak dini yang mengajarkan tentang bagian tubuh pribadi dan orang yang boleh pegang,” kata Vera.


Selain itu, orangtua juga semestinya mengajarkan anak tentang hal yang dapat mereka lakukan ketika berada di posisi berbahaya. Seperi ketika orang asing memegegangnya, anak diwajibkan untuk lari dan teriak. Hal tersebut harus dicontohkan orangtua sehingga anak dapat mengikuti.

“Contohkan hal yang harus dilakukan anak jika bersama dengan orang asing yang memegang bagian tubuh pribadinya, seperti harus teriak dan lari,” kata Vera.

DYL

×
Berita Terbaru Update