Notification

×

Iklan

Iklan

Manajemen dalam Kehidupan

Kamis, 10 Februari 2022 | 2/10/2022 11:55:00 AM WIB | Last Updated 2022-02-10T04:55:00Z

 



Oleh : Febry Senjaya

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Mengapa Manajemen  sangat dibutuhkan?! Tak hanya dalam organisasi, ilmu manajemen juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan modern yang serba cepat ini, kita haruslah bisa me-manage banyak hal agar semuanya berjalan sesuai harapan. penulis dapat menyimpulkan bahwa ternyata cukup banyak ilmu manajemen yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja manajemen tidak jauh dari perencanaan dan strategi untuk mencapai tujuan.

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini manajemen sangat berarti dalam kehidupan sehari-hari, dengan adanya manajemen semua pekerjaan akan terasa  mudah dan cepat terlaksana sesuai apa yang kita rencanakan dan kita inginkan sebelumnya. Selain dalam aktivitas perusahaan, manajemen juga sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi di zaman serba modern ini, dimana manajemen waktu sangatlah berarti. Dengan adanya manajemen semua pekerjaan akan terkontrol lebih baik dan bisa cepat terlaksana sesuai target yang kita rencanakan dan kita inginkan. Manajemen dalam kehidupan sehari-hari ini cukup penting dan bersifat umum, yang berarti semua orang pasti dan harus melakukannya agar kehidupannya lebih teratur dan terarah demi mencapai tujuan yang dimiliki masing-masing individu

Secara umum manajemen adalah suatu proses dimana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan individu atau kelompok. Manajemen perlu dilakukan guna mencapai tujuan individu atau kelompok tersebut secara efektif menggunakan sumber daya yang terbatas. Banyaknya manfaat manajemen dalam kehidupan sehari-hari, contoh yang paling mudah adalah memanajemen waktu agar waktu yang kita gunakan bisa bermanfaat secara efisien. Sehingga kita diharuskan memanajemenkan waktu dengan sebaik-baiknya karena jika tidak maka kita akan membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak penting dan tidak  berguna dan orang yang tidak memanfaatkan waktunya dengan baik.

memanajemen segala hal terlebih dahulu sangatlah penting dan berguna bagi kehidupan sehari-hari. Selain memanajemen waktu, manajemen juga berguna dalam lingkungan dunia pekerjaan dimana kita dituntut untuk dapat bekerja di bawah tuntutan waktu dimana kita harus menyelesaikan pekerjaan tanpa melewati batas waktu, sehingga dapat tercapai target yang diinginkan dan ditetapkan oleh perusahaan. Kita bisa melihat banyak orang yang sudah me-manage atau menerapkan ilmu manajemen ini dalam kesehariannya. Layaknya ibu rumah tangga yang harus mengatur keuangan belanja keluarga, dosen yang harus mengatur dan mengarahkan mahasiswanya, dan pekerja kantoran yang harus membagi waktu untuk pekerjaan dan waktu untuk keluarganya.

Manajemen sederhananya dalam praktik sehari-hari perlu dibarengi niat kesungguhan dari pelakunya. Sehingga kegiatan apapun yang kita rencanakan dapat tercapai sesuai rencana dan dapat mencapai hasil yang maksimal. Karena itu tidak perlu ragu untuk mulai menerapkan kegiatan manajemen sejak dini dalam kehidupan sehari-hari. Karena tidak ada ruginya praktik manajemen yang benar dalam kehidupan sehari-hari jika kita bisa mendisiplinkan diri kita sendiri. Terutama untuk yang memiliki keinginan menjadi manajer nantinya, mulailah dari hal-hal kecil di kehidupan Anda.

 

=