Notification

×

Iklan

Iklan

Minyak Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

06 Januari 2022 | Kamis, Januari 06, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-06T08:10:29Z


Rahmah Syafanida

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka 


Sering kita dengar manfaat atau khasiat buah alpukat untuk kesehatan tubuh dengan kandungan nutrisi yang sangat beragam didalamnya. Ternyata alpukat juga dikenal memiliki manfaat bagi kecantikan bukan hanya dari dangingnya, melainkan minyak alpukat pun memiliki segudang manfaat.

 

Dilansir dari muslimahdaily,  bahwa vitamin yang tertera pada minyak alpukat seperti vitamin A, E, D dan memiliki kandungan asam omega 3 untuk perawatan kesehatan kulit.

 

Lalu, Manfaat apa saja yang dimiliki minyak alpukat?

Minyak Alpukat bermanfaat untuk :

1. Mampu melembabkan kulit

Menurut Hayag, dilansir dari byrdie, minyak alpukat ini dapat bertindak sebagai emolien serta memiliki sifat oklusif yang artinya mampu melembutkan kulit dan menjebak emolien ke kulit kita.

 

2. Kemampuan dalam menutrisi kulit

Minyak ini juga mengandung beberapa bahan lainnya seperti lesitin dan potassium, yang  mampu untuk memberikan nutrisi kepada kulit wajah seperti berperan penting dalam pertumbuhan sel kulit baru dan siklus pembaruan sel kulit untuk menjaga agar kulit lebih kenyal dan tetap lembut.

 

3. Meredakan peradangan dan mampu memperbaiki kondisi kulit

Untuk mengatasi beberapa kondisi kulit tersebut, diyakini sifat anti-inflamasi, antioksidan, serta vitamin yang dikandung dalam minyak ini mampu membantu menyembuhkan beberapa permasalah diatas. 

 

4. Mencegah dan mengatasi jerawat. 

Manfaat dalam penggunaan minyak alpukat tak hanya terbatas pada kondisi kulit kering, karena minyak ini juga bermanfaat untuk mengatasi kondisi kulit yang berjerawat.

 

Menurut saya,  minyak alpukat ini memang memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit,  dengan rutin menggunakan minyak alpukat ini,  khususnya untuk remaja yang sedang mengalami masa pubertas sangat cocok karena membantu membuat kulit menjadi lebih sehat dan tetap terjaga.


=