Notification

×

Iklan

Iklan

KPAD Bogor Catat Kekerasan Seksual Paling Banyak dalam Setahun

Kamis, 13 Januari 2022 | Kamis, Januari 13, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-13T09:21:31Z


Serambiupdate.com
- Tercatat 112 kasus kekerasan terhadap anak telah ditangani oleh Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat dalam setahun.

Ketua KPAD kabupaten Bogor Jopie Gilalo di Cibinong, Bogor menyampaikan bahwa kasus dibagi menjadi tiga kategori yaitu, pengaduan langsung, pengaduan dan pemantauan online dan kasus di lapangan.

"Rinciannya, pengaduan langsung 45 kasus, pengaduan dan pemantauan online 50 kasus, dan temuan di lapangan sebanyak 17 kasus," tutur Jopie Gilalo.

Menurut Jopie, dari ratusan kasus anak yang ditangani oleh KPAD Kabupaten Bogor, kasus terbanyak yaitu kasus yang berkaitan dengan kekerasan seksual terhadap anak.

"Paling banyak kasus kekerasan seksual, kemudian kasus sengketa hak asuh. Ada juga kasus penelantaran dan trafiking anak," tutur Jopie.

Jopie mengaku, di usia yang baru setahun ini, KPAD Kabupaten Bogor telah menjalankan tugas dan fungsinya sesuai mandat pasal 76 Undang-undang perlindungan anak.

"Dengan melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan perlindungan anak, kemudian menerima aduan masyarakat, mengumpulkan data dan informasi terkait penyelenggaraan perlindungan anak, mediasi sengketa anak dan bekerja sama dengan stakeholder yang berhubungan," ujar Jopie.

Jopie juga menyebutkan capaian-capaian tersebut merupakan dorongan dan peran Bupati Bogor Ade Yasin yang peduli terhadap perlindungan anak dengan membentuk kepengurusan KPAD Kabupaten Bogor periode 2020-2025.

"Oleh karenanya, kami berkomitmen untuk mendukung program-program pemerintah kabupaten Bogor terkhusus dalam perlindungan anak di kabupaten Bogor, sehingga anak-anak kabupaten Bogor terpenuhi hak-haknya dan terlindungi dari segala kekerasan," ungkap Jopie.

(ADP)

×
Berita Terbaru Update