Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Meningkatkan motivassi belajar

Sabtu, 15 Januari 2022 | Sabtu, Januari 15, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-14T21:49:32Z

Dyah Safriaturahmah

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat



1. Tingkatkan Kualitas Guru

Proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, sebagai seorang guru harus secara sadar diri terus melakukan peningkatan kualitasnya. Tidak hanya berbicara soal kualitas mengajar pada mata pelajaran yang diampu, lebih dari itu, guru juga dituntut berkualitas dalam aspek psikologis anak. Hal ini sangat penting, demi terwujudnya motivasi belajar siswa yang tinggi. Tentunya Bapak/Ibu Guru bisa melakukan peningkatan kualitas dengan mengikuti berbagai macam seminar y

2. Maksimalkan Fasilitas Pembelajaran

Untuk membangun motivasi belajar siswa, Bapak/Ibu Guru harus bisa memaksimalkan fasilitas belajar yang tersedia. Di saat masa pembelajaran jarak jauh seperti ini,. Selain itu, Bapak/Ibu Guru juga sangat dianjurkan menggunakan sarana yang dapat membantu kegiatan belajar yang bisa memotivasi siswa. Anda bisa menggunakan layanan LMS (Learning Management System) yang bisa melayani Anda Live Teaching (mengajar secara virtual).

3. Pilih Metode Pembelajaran yang Tepat

Memilih metode belajar ini bisa menjadi tolok ukur apakah siswa merasa jenuh dalam kegiatan belajarnya atau bahkan merasa antusias dengan metode yang Bapak/Ibu Guru terapkan. Anda bisa menerapkan metode belajar diskusi secara langsung melalui aplikasi belajar atau membagi siswa dalam beberapa kelompok guna memudahkan siswa dalam memahami materi.

4. Memanfaatkan Media Belajar

Media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video belajar beranimasi. Jika Anda menggunakan platform LMS untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, pastikan platform tersebut menyediakan layanan video belajar dengan animasi untuk membantu penjelasan yang Anda sampaikan.

5. Lakukan Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi pada setiap kegiatan pembelajaran mutlak sangat perlu untuk dilakukan. Hal ini bertujuan melihat efektivitas kegiatan belajar tersebut sudah efektif atau belum. Evaluasi ini bisa dilakukan dengan menganalisis nilai yang diperoleh siswa dari soal atau tugas yang Bapak/Ibu Guru berikan.

Di ruangkelas, nantinya Bapak/Ibu Guru bisa mendapatkan berbagai macam manfaat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Mulai dari melakukan live teaching, pemberian materi dengan video animasi, anal
×
Berita Terbaru Update