Notification

×

Iklan

Iklan

Undip Berinovasi dengan Meluncurkan Bus Anti Covid

Kamis, 11 November 2021 | Kamis, November 11, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-11T15:35:41Z


Serambiupdate.com
 Universitas Diponegoro kembali membuat inovasi baru dengan membuat bus anti Covid-19 yang dinamakan dengan Bio Smart and Safe Bus dalam upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Bus ini merupakan wujud kerja sama antara Universitas Diponegoro dengan Karoseri Laksana dan PO Sumber Alam.

 

Awal Prasetyo selaku Ketua Tim dari program tersebut menyatakan bahwa sejak awal pandemi pada tahun 2020, riset ini telah dijalankan dengan didanai oleh program matching fund kedaireka. Selanjutnya ia menerangkan ada tiga unsur penting yaitu penerapan jaga jarak dengan kursi berjarak, aplikasi nanosilver agar terbebas dari bakteri, dan stok masker herbal.

 

Awal menambahkan konsep dari bus anti Covid-19 ini adalah ‘segitiga sehat’, yang mana komponen lingkungan adalah kursi berjarak, dan sirkulasi udara kabin yang ditujukan agar udara lebih bersih dan sehat. Lalu ada komponen pathogen dimana nano silver yang ada di interior kabin mampu menguraikan virus yang menempel pada permukaan bus.

 

Johan Utama selaku Rektor Universitas Diponegoro mengapresiasi dan mendukung inovasi tersebut, menurutnya inovasi bus anti Covid-19 dapat membantu pemerintah dalam menangani pandemi di Indonesia.

 

“Saya harap inovasi ini tidak berhenti sampai sini, tapi bisa terus berlanjut dan berkembang untuk manfaat kita bersama. Dari bus anti covid-19 ini mungkin kedepannya akan bisa ditingkatkan menjadi mobil yang didesain lebih simple dan biayanya lebih murah,” terangnya, (11/11).

×
Berita Terbaru Update