Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa FKIP Uhamka Lakukan PLP 1 di SMK Sejahtera

07 Oktober 2021 | Kamis, Oktober 07, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-06T23:17:22Z


Serambiupdate.com Kelompok yang beranggotakan tiga orang dari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Program Studi Pendidikan Ekonomi Semester V telah melaksanakan kegiatan PLP 1. Kegiatan ini berupa observasi pengamatan sekaligus wawancara kepada Kepala Sekolah dan Guru Pamong sebagai narasumber. Kegiatan ini dibimbing oleh salah satu Dosen Pembimbing yaitu Bapak Dr Purnama Syae Purrohman, M. Pd bersama dengan tiga mahasiswanya yaitu Chaerani Septiana, Dwi Ananda, dan Virahma wadah. Adapun maksud dari kegiatan ini adalah untuk pengenalan ruang lingkup sekolah yang di dalamnya memuat tentang karakteristik murid, guru, maupun sekolah itu sendiri dengan melalui beberapa bentuk kegiatan yaitu, pengamatan langsung terhadap kultur sekolah, struktur organisasi, tata kelola, kegiatan-kegiatan ceremonial-formal dan kegiatan-kegiatan rutinnya, mencari informasi mengenai kedisiplinan, serta mengamati praktik-praktik pembiasaan positif.


Sekolah yang dijadikan tujuan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 adalah SMK SEJAHTERA yang berlokasi di Jl. Walang Baru VI 19 kecamatan koja Jakarta Utara. Mengapa memilih SMK SEJAHTERA dikarenakan sekolahnya yang berkompeten dan juga SMK SEJAHTERA memiliki banyak kegiatan-kegiatan positif yang dapat menjadikan siswa lebih baik dan berkompeten dalam lingkup sekolah sehingga sekolah pun dapat menjadi lebih kreatif untuk masa depan.


Menurut penuturan Kepala Sekolah SMK SEJAHTERA, Ibu Retnoningsih, S.Pd, M.Si mengatakan, “ kegiatan pada pandemi ini,memberikan dampak yang positif salah satunya ialah mengadakan kegiatan rohani Islam secara online,dikarenakan pembelajaran yang dilakukan secara daring ini,dan pihak sekolah pun sedang menjalani salah satu konsep pembelajaran di antara luring dan dari di jadi satukan menjadi blanded learning atau perpaduan antara luring dan daring "


Tidak hanya itu, peserta didik di sekolah ini memiliki prestasi dalam bidang kejuruan itu sendiri salah satunya ialah akuntansi, multimedia,dan administrasi perkantoran.   “Prestasi yang kita capai itu adalah ujian Lembaga Sertifikasi Profesi atau yang biasa sering disebut dengan LSP dalam kejuruan masing-masing.


SMK SEJAHTERA saat melakukan pembelajaran jarak jauh ( PJJ ) secara online dengan menggunakan media seperti classroom, whatsapp grup dan satu minggu sekali atau dua minggu sekali mengadakan google meet maupun zoom untuk mengulas materi. Untuk kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas masih dalam proses dan baru akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang dengan ketentuan 50 % siswa per kelas. Meskipun proses pembelajaran masih dilakukan jarak jauh  kedisiplinan masih tetap diterapkan.


 “Sebelum pelajaran dimulai kita absen dulu, begitu pun dengan guru, walaupun itu WFH kita selalu absen melalui foto. Absen untuk guru jam setengah 7. Agar guru maupun siswa semua disiplin setiap dalam berpakaian, meskipun melalui daring untuk foto siswa menggunakan pakaian yang telah ditentukan, begitu juga dengan guru,” 


Selama proses pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi seperti  terkendala dalam hal kuota internet dan ada beberapa dari peserta didik masih ada yang belum mempunyai ponsel untuk mengakses classroom.


Maka dengan adanya kegiatan PLP 1 ini menjadikan mahasiswa yang ikut dalam kegiatan observasi ini dapat melihat keadaan sekolah SMK SEJAHTERA dengan karakteristik peserta didik, struktur organisasi sekolah serta unsur-unsur yang terdapat di dalamnya. Pihak sekolah juga memberi informasi mengenai pembiasaan positif yang telah diberlakukan dan juga motivasi-motivasi yang diberikan oleh Ibu/Bapak Guru maupun Kepala Sekolah dan SMK SEJAHTERA ini,memiliki kegiatan rutinitas di setiap hari Jumat yaitu tadarus bersama secara online di setiap kelasnya,agar tetap terjalin nya tali silaturahmi antar guru dan siswa walaupun di keadaan pandemi covid 19 yang dilakukan secara daring.

=