Notification

×

Iklan

Iklan

Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan Matematika dan Pendidikan Fisika dalam Kegiatan PLP 1 di SMPN 238 Jakarta

Rabu, 06 Oktober 2021 | 10/06/2021 11:02:00 AM WIB | Last Updated 2021-10-06T04:02:55Z


Serambiupdate.com
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Fisika FKIP UHAMKA yang beranggotakan Mardhiyah Yunita, Dima Vadya, Alifia Nur Cholifah, Varadina Nurulita, Adryani Br Ginting, Fadhillah Umar, Zhafira Amellyanti, dan Pak Trisna Roy, M.PMat dosen pembimbing kelompok ini melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Prasekolah I (PLP I). Lokasi sekolah yang dituju adalah SMP Negeri 238 Jakarta yang beralamat di Jl. Kalibata IV/ 2, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

 

Kegiatan PLP 1 ini bertujuan mengembangkan sikap dan pengalaman pertama untuk terjun langsung ke sekolah. Kegiatan ini sebagai refleksi dari mahasiswa FKIP UHAMKA untuk dapat mengobservasi bagaimana keadaan maupun kegiatan yang dilakukan di sekolah.

 

Pada kegiatan ini, kami mahasiswa-mahasiswi FKIP UHAMKA berkolaborasi dengan dua program studi yaitu Pendidikan Matematika dan Pendidikan Fisika. Kami di sini tidak hanya mendapatkan pengalaman, tetapi kami juga mendapatkan pengetahuan bagaimana pembelajaran secara daring baik tata cara kegiatan maupun peraturan tata tertib yang berlaku selama pembelajaran daring. Kami juga dapat memahami tentang bagaimana penanganan kepada siswa di masa pandemi, agar tetap kondusif dan penyampaian materi tetap maksimal.

 

H. Edy Sunarto, M. Si Kepala Sekolah SMP Negeri 238 Jakarta mengucapkan “Terima kasih dengan adanya kedatangan mahasiswa  FKIP UHAMKA yang telah memilih SMP Negeri 238 Jakarta sebagai tempat pelaksanaan PLP 1 dan dengan senang hati menerima kami untuk melakukan observasi”.

 

Pak Teguh Leksono, S. Pd. Wakil kepala sekolah bagian kurikulum menjelaskan “Pembiasaan yang ada di SMPN 238 Jakarta antara lain membaca doa bersama dan siswa yang beragama Islam membaca surat-surat istimewa seperti surat Al-mulk dari jam 07.00-07.20 WIB dan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring pada pukul 08.00-11.00 WIB”.

 

Tresniasih, S. Pd. Guru Mata Pelajaran Matematika di SMPN 238 Jakarta hal ini   mengatakan bahwa dia sangat bangga bisa menjadi guru matematika, berkat doa dan restu dari orang tua dia menjadi guru matematika dan juga sudah PNS, Pekerjaan seorang guru adalah pekerjaan yang mulia dan beliau juga memberikan pesan kepada kita-kita untuk bersungguh-sungguh dalam belajar, minta doa restu kepada kedua orang tua terutama ibu dan selalu bersyukur apa yang kita dapatkan, kita harus menjadi guru yang hebat dan tegas agar suatu hari nanti kita bisa mendidik siswa-siswi nya supaya menjadi pribadi yang sopan santun dan mempunyai sifat yang rendah hati.

 

Pesan Pak Sigit Baskara, S. Pd. guru mata pelajaran IPA berpesan kepada guru IPA di ERA mendatang yaitu, pertama, bekerja ikhlas, bekerja cerdas, dan bekerja keras. Kedua, jadikan anak didik sebagai teman agar ilmunya cepat terserap. Ketiga, beri penilaian kepada siswa dari berbagai sisi. Keempat, tirulah pengalaman guru kita yang mengajar dengan baik. Kelima, membuat siswa senang terhadap kita sebagai gurunya.

 

=