Notification

×

Iklan

Iklan

Apakah Pendidikan Tinggi Itu Penting?

11 Oktober 2021 | Senin, Oktober 11, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-11T11:33:57Z



Karya Andhini Kusuma Arum 

Mahasiswa S1 Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Seperti yang kita ketahui pendidikan merupakan pondasi penting dalam kehidupan. Tanpa pendidikan, kita sebagai manusia tidak bisa mengerti tentang apa pun. Di Era Globalisasi saat ini, pendidikan tidak lagi hanya sebatas SMA tetapi juga menjunjung tinggi S1. Beberapa lapangan pekerjaan pun memberikan syarat – syarat yaitu minimal pendidikan S1. Kuliah merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pendidikan tinggi. 

2 hal utama atau penting dari pendidikan. 

Yang pertama, sebagai Sumber Pengetahuan. Pendidikan merupakan bagian penting karena banyak hal. Pertama yang perlu diperhatikan adalah sekolah memberikan banyak pendidikan dan ilmu yang tidak akan didapat di lapangan ketika bekerja. Memang, bekerja di lapangan memberikan pengalaman yang akan memudahkan jenjang karir di kemudian hari. Ketika Anda berada di lapangan dan tidak mengenyam pendidikan yang cukup dan setara, Anda hanya bisa mengambil keputusan tanpa melihat sudut pandang yang lain, yang mungkin sudut pandang baru itu dapat menguntungkan lebih banyak pihak.

Yang kedua, sebagai Pemenuhan Kebutuhan Karir. Seperti yang dijelaskan di awal. Perlu diingat bahwa ada beberapa karir yang membutuhkan pendidikan tertentu misalnya S1. Ini menjadikan alasan bahwa pedidikan tinggi itu penting bagi seseorang dalam mencapai atau memenuhi tingkat kebutuhan karirnya. Serta, harus juga mengetahui bahwa menuntut ilmu dapat membentuk karakter seseorang. Sehingga menjadi orang yang bijaksana, dan dapat memenuhi kualifikasi diri untuk dapat mengejar karir tersebut.

Kedua contoh diatas merupakan alasan penting dari pendidikan tinggi. Namun, bagi saya, setiap orang dapat belajar dimanapun, dan kapanpun. Asal orang tersebut memiliki semangat untuk belajar, maka dia bisa mendapatkan ilmu. Kita juga harus menekankan kepada diri sendiri bahwa ilmu bisa didapatkan darimana saja dan dari kalangan apa saja. Kita juga harus faham bahwa pendidikan tinggi bisa menjadi pondasi dasar dalam diri kita. Oleh sebab itu, penting bagi kita sebagai manusia untuk menuntut ilmu dimanapun kita berada dan kapanpun yang kita butuhkan. 

Selain kedua hal diatas, kita juga perlu menekankan hal lainnya bahwa pendidikan tinggi merupakan langkah dasar yang bisa masa depan kita rasakan nantinya. Tentu saja, kita tidak ingin masa depan kita hidup dalam kesengsaraan dan juga miskin ilmu. Tentunya, kita ingin yang terbaik untuk masa depan kita. Oleh karena itu, tuntutlah ilmu setinggi-tingginya agar masa depan kita menjadi lebih baik dan lebih cerah. Tanamkan pada diri kita bahwa kita harus menjadi orang yang haus akan ilmu. 


=