Notification

×

Iklan

Iklan

Nadiem: PTM Capai 40 Persen Masih Minim dan Tertinggal

Rabu, 29 September 2021 | Rabu, September 29, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-29T04:28:29Z

Serambiupdate.com Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) menyampaikan hingga saat ini sudah 40 persen sekolah yang berhasil menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Angka tersebut menurut Nadiem masih sangat minim meskipun pandemi di Indonesia belum berakhir.

 

"Tapi itu masih angka yang sangat kecil. Jadinya kalau kita enggak mau semakin ketinggalan lagi, ya anak-anak harus selalu tatap muka dengan protokol kesehatan yang teraman yang bisa kita lakukan di masing-masing daerah," tutur Nadiem dalam webinar BangkitBareng, Selasa, 28 September 2021.

 

Nadiem juga mengatakan, PTM terbatas mesti terus digencarkan. Sebab PTM terbatas merupakan prioritas untuk mengejar ketertinggalan.

 

Lebih lanjut Nadiem menyampaikan "Untuk mengejar ketertinggalan itu, sekarang semua hal-hal yang kita lakukan atau mau kita lakukan sebelum pandemi, itu malah menjadi prioritas yang lebih penting lagi sekarang.”

 

Nadiem juga mengungkapkan, berdasarkan dari hasil riset, ada kemungkinan besar siswa mengalami learning loss sebesar 0,8 hingga 1,2 tahun pembelajaran selama pandemi. Menurut Nadiem, hal itu menunjukan ada satu generasi yang kehilangan masa pembelajaran selama hampir satu tahun.

  

"Ini tentunya harus kita dalami terus, kita kaji, dan melihat dampaknya seperti apa. Apakah dampaknya akan permanen atau tidak," ungkap dia.

 

Yang jelas, kata Nadiem, salah satu hal yang menjadi kekhawatiran sekarang adalah jika PJJ terus berlangsung. Nadiem mengatakan, keburukan itu belum termasuk dampak PJJ terhadap psikologis anak.

×
Berita Terbaru Update