Notification

×

Iklan

Iklan

FAI Uhamka Tanamkan Penguatan Akidah dalam Pembelajaran Mahasiswa

03 Juni 2024 | Senin, Juni 03, 2024 WIB | Last Updated 2024-06-03T02:32:58Z

 


Serambiupdate.com 
- Purwidianto, Wakil Dekan I Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menjadi narasumber dalam acara Teras TvMu dengan tema Peran FAI Uhamka dalam Menguatkan Karakter Religius Mahasiswa, Ahad (2/6).

 

Pada kesempatan ini Purwidianto menjelaskan langkah yang dilakukan oleh FAI untuk membentuk karakter religius untuk mahasiswa dapat dilakukan dengan kuantitatif dan kualitatif. Langkah pertama ialah membuat sebuah iklim akademik seperti suasana kampus ataupun suasana pembelajaran. Contohnya dengan menerapkan batas-batas syariah yang diatanranya melakukan salam, sapa,  dan memajang memajang kaligrafi di ruang kelas.

 

“Ketika kami hendak menjalankan proses perkuliahan, kami selalu melakukan tadarus terlebih dahulu sekitar lima menit dan memilih ayat yang sesuai dengan materi pembelajaran. Tak luput ketika selesai proses pembelajaran, kami biasakan untuk berdoa,” tutur Purwidianto.

 

Kemudian, pada langkah kedua Purwidianto menjelaskan dalam membentuk karakter religius pada mahasiswa dengan menanamkan aqidah atau penguatan keyakinan tauhid. Selanjutnya untuk langkah ketiga ialah penguatan ibadah. Dan langkah terakhir ialah menanamkan penguatan akhlak. Semua ini merupakan satu kesuatuan, sehingga mahasiswa menjadi karakter yang religius.

 

“Kalau untuk FAI sendiri nanti mata kuliah aqidah lebih luas seperti memperdebatkan antara aqidah, hal ini agar mahasiswa bisa memiliki wawasan yang luas. Sehingga mahasiswa ddapat memahami aqidah yang harus dijaga sedemikia rupa, yang tidak boleh maupun yang dapat ditoleransi. Selain itu juga ibadah terdapat mata kuliahnya sendiri, dimana mahasiswa akan melihat dalili-dalil terkait hal ibadah. Begitu juga dengan penanaman akhlak dengan membiasakan untuk mengerjakan hal-hal baik dalam keseharian,” jelas Purwidianto.

=