Notification

×

Iklan

Iklan

Ikhtiar Menjawab Tantangan Industri Digital, STI FTII Uhamka Siapkan Mahasiswa Inovatif dan Berkemajuan

11 Mei 2024 | Sabtu, Mei 11, 2024 WIB | Last Updated 2024-05-11T05:19:29Z


Serambiupdate.com
 - Teras TVMu menghadirkan Erizal selaku Kaprodi Sistem Teknologi dan Informasi (STI) Fakultas Teknik Industri dan Informasi (FTII) Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA (Uhamka) dengan mengangkat tema pembahasan Prodi Sistem Dan Teknologi Informasi (STI) FTII Uhamka Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0 yang disiarkan live di kanal TV Muhammadiyah.

 

Dalam segmen pertama, Erizal menyampaikan bahwa FTII Uhamka berkomitmen sebagai salah satu fakultas PTMA yang berfokus kepada pengembangan teknologi digital sebagai pendukung pendidikan.

 

“FTII Uhamka adalah salah satu fakultas Uhamka yang berfokus kepada pengembangan dan penguatan skill di teknologi dan bidang industri terutama di zaman sekarang dimana teknologi merupakan penunjang kemajuan pendidikan,” ucap Erizal.

 

Selanjutnya, Erizal menjelaskan Prodi STI merupakan prodi baru yang di FTII Uhamka yang bergerak dalam pemanfaatan sistem teknologi dan informasi di bidang manajemen dan industri dengan berpegang teguh pada visi dan misi Uhamka sebagai Prophetic Teaching University.

 

“Prodi STI merupakan prodi yang baru di FTII Uhamka setelah pergantian nama fakultas yang sebelumnya FT Uhamka. STI berfokus kepada penggunaan sistem teknologi digital dalam manajemen, bisnis dan industri yang tetap berfokus kepada visi dan misi Prophetic Teaching University dalam pembelajaran dan kurikulum untuk membentuk mahasiswa STI yang cerdas baik spiritual dan inovatif dalam membangun teknologi,” tutur Erizal.

 

Dalam segmen selanjutnya, Erizal menjelaskan bahwa Prodi STI FTII Uhamka menerapkan kurikulum Outcome Based Education (OBE) yang berfokus kepada kemampuan skill output mahasiswa dalam menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 dimana teknologi sudah mendominasi.

 

“STI FTII Uhamka menggunakan kurikulum berbasis OBE dalam meningkatkan skill outcome Mahasiswa sebagai evaluasi dalam menghasilkan sebuah inovasi dalam menjawab tantangan dunia industri sekarang yang sudah memasuki Industri 4.0 dimana penerapan dan pemanfaatan teknologi di industri dan bisnis,” ujar Erizal.

 

Di akhir segmen, Erizal menyampaikan pentingnya bagi para mahasiswa terutama mahasiswa FTII Uhamka untuk menguasai penerapan dan penggunaan teknologi di zaman sekarang yang sudah canggih dengan hadirnya Artificial Intelligence (AI) dan untuk selalu meningkatkan soft skill dan hard skill.

 

“Kita sekarang menghadapi Revolusi Industri 4.0 dimana teknologi sudah sangat canggih dengan munculnya AI dalam industri yang sudah mulai menyaingi manusia. Sehingga kita harus mengoptimalkan dan meningkatkan soft dan hard skill mahasiswa kita dalam memanfaatkan dan menggunakan teknologi dengan baik untuk mendukung SDM yang maju dan cerdas di bisnis dan industri digital modern sebagai ikhtiar kita di FTII Uhamka,” pungkas Erizal.

=