Notification

×

Iklan

Iklan

Warek III Uhamka Harap Dosen Hilirisasikan Risetnya pada Pengabdian Masyarakat

04 Maret 2024 | Senin, Maret 04, 2024 WIB | Last Updated 2024-03-04T10:15:43Z

Serambiupdate.com Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Sosialisasi PKM Internal Batch 2 Tahun Akademik 2023/2024, secara daring melalui Zoom Meeting, Senin (4/3).

Acara ini dihadiri oleh Prof Nani Solihati Wakil Rektor III Uhamka, Gufron Amirullah Ketua LPPM Uhamka, apt. Ari Widayanti Sekretaris LPPM Uhamka, jajaran Pimpinan Fakultas dan Sekolah Pascasarjana Uhamka, beserta dosen-dosen di lingkungan Uhamka.


Prof Nani menyebutkan kegiatan ini merupakan ikhtiar LPPM Uhamka dalam meningkatkan kinerja dosen untuk terus berkontribusi dalam pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah, satu diantaranya merupakan pengabdian masyarakat. Ia juga mengatakan pengabdian masyarakat menjadi salah satu aspek penunjang peningkatan karier dosen. Maka, diharapkan seluruh Dosen Uhamka dapat melakukan pengabdian di masyarakat.


“Terima kasih kepada LPPM yang terus menginisiasi program ini agar para dosen terus mengingat eksistensinya dalam melaksanakan Catur Dharma PTMA, salah satunya adalah pengabdian masyarakat. Selain itu, pengabdian masyarakat juga dapat menjadi penunjang peningkatan jabatan fungsional dosen," pungkasnya.


Selanjutnya, Prof Nani berpesan agar pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dosen merupakan hilirasasi dari riset yang telah diteliti sebelumnya agar mewujudkan pengmas yang berkesinambungan. Selain itu, ia juga mengingatkan agar para dosen melakukan pengabdian masyarakat lintas bidang keilmuan.


“Tentu kami harap pengmas yang dilakukan oleh bapak/ibu dosen merupakan hilirisasi dari penelitian yang telah dilakukan sehingga terdapat keberlanjutan didalamnya. Diusahakan juga agar pengmasnya linta bidang keilmuan, dan jangan lupa untuk melibatkan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat bapak/ibu dosen,” tuturnya.


Di lain hal, Gufron Amirullah Ketua LPPM Uhamka berharap agar pengabdian masyarakat dapat menjadi instrumen yang baik dalam peningkatan kompetensi dan kesejahteraan masyarakat, sehingga dosen dapat mendalami perannya dengan menerapkan pengetahuan dan keterampilan akademiknya untuk memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.


“Semoga bapak/ibu dosen bisa turut serta terlibat dalam kegiatan ini agar kita bisa bergerak bersama-sama membangun kompetensi dan kesejahteraan masyarakat di luar sana. Sehingga, peran kita sebagai dosen dapat terlaksana dengan baik, khususnya dalam megimplementasikan pengetahuan yang kita miliki agar bermenfaat di masyarakat,” ujar Gufron.

=