Notification

×

Iklan

Iklan

Dekan FIKES Uhamka Imbau Cara Jaga Pola Hidup Sehat dalam Acara TerasTvmu

Sabtu, 03 Februari 2024 | 2/03/2024 02:12:00 PM WIB | Last Updated 2024-02-03T07:12:27Z

 


Serambiupdate.com
- Ony Linda, Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menjadi narasumber dalam acara Teras tvMu dengan tema Ikhtiar Pola Hidup Sehat Bersama FIKES Uhamka, Sabtu (3/2).

 

Pada kesempatan ini, Ony Linda menjelaskan bahwa sebelum bernama FIKES Uhamka yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat yang berdiri sejak tahun 1998. FIKES Uhamka saat ini memiliki dua program studi yakni Kesehatan Masyarakat dan Gizi. Ia juga menambahkan bahwa program studi Kesehatan Masyarakat telah terakreditasi unggul sesuai dengan Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Perkumpulan LAM-PTKes) berdasarkan nomor 0947/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2023 pada tanggal 22 Desember 2023 dengan masa berlaku 5 tahun.

 

“Dalam menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan siap bersaing di dunia industri maupun dunia kerja, FIKES Uhamka selalu mengikuti perkembangan-perkembangan sesuai zaman dan aspek yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kemudian dari perkembangan dan kebutuhan masyarakat masa kini, kami merancang kurikulum yang terbaharu dan menjadi mata kuliah untuk diserap oleh mahasiswa,” tutur Ony.

 

Ony menyebutkan, FIKES Uhamka memiliki visi pada setiap program studi, untuk program studi Kesehatan Masyarakat keunggulan yang diterapkan di dalam visi nya adalah Kesehatan Perkotaan sedangkan program studi Gizi visi nya adalah Gizi yang Halal. Kemudian visi ini dikemas menjadi aktivitas fisik. Aktivitas fisik tersebut ialah senam peregangan yang berlasung setiap jam 10 pagi dan jam 4 sore dengan durasi 4 menit. Selain itu, FIKES Uhamka secara rutin mengadakan makan bersama kecuali hari Senin dan Kamis dengan lauk pauk yang sederhana namun sesuai empat sehat lima sempurna.

 

“Menerapkan pola hidup sehat pada saat ini merupakan tantangan yang luar biasa. Namun jika kita memiliki keinginan yang kuat dan komitmen, Insya Allah ada jalan. Jika kita seorang muslim, di ingatkan di dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 186 disebutkan bahwa setiap manusia harus memilih makanan maupun minuman yang halal dan baik. Maka untuk ikhtiar dalam menjaga pola hidup yang sehat yaitu dengan memahami empat pilar utama dalam gizi seimbang diantaranya mengonsumsi aneka ragam pangan, membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat, melakukan aktivitas fisik, dan memantau berat badan secara teratur,” jelas Ony.

=