Notification

×

Iklan

Iklan

Tokoh Islam dan Cendekiawan Terima Umrah Gratis dari Raja Salman, Dekan FAI Uhamka di Dalamnya

Rabu, 10 Januari 2024 | 1/10/2024 03:00:00 PM WIB | Last Updated 2024-01-11T00:32:05Z



Serambiupdate.com
 - Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka), Ai Fatimah Nur Fuad menerima undangan menjalankan ibadah umrah gratis dari Raja Salman tanggal 3-14 Januari 2024 bertepatan dengan tanggal 21 Jumadil Akhir- 2 Rajab 1445 H.


50 orang warga negara Indonesia yang terdiri dari para ulama dan akademisi saat ini sedang menjadi tamu undangan Raja Salman untuk menjalankan ibadah Umroh gratis. Kerajaan Arab Saudi memberikan umrah gratis yang berlangsung pada tanggal 3-14 Januari 2024 bertepatan dengan tanggal 21 Jumadil Akhir- 2 Rajab 1445 H. Undangan ini merupakan bagian dari Program Tamu Penjaga Dua Masjid Suci untuk Haji dan Umrah tahun 2024 (Dhuyuf Khodim al Haramain Al Syarifain, Al Maalik Salman Bin AbdulAziz Al Saud). Kunjungan ini diselengarakan dan diatur langsung oleh Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Kerajaan Arab Saudi.


Ai Fatimah Nur Fuad selaku Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menuturkan bahwa ia merasa sangat beryukur telah menerima kejutan yang luar biasa yaitu berkesempatan menjalankan ibadah umrah secara gratis dari undangan Raja Salman.


“Saya sangat bersyukur mendapatkan undangan umrah dari Raja Salman. Hal ini merupakan kejutan sekaligus kesempatan luar biasa diawal tahun 2024. Tentu kami akan melaksanakan seluruh program dan kegiatan selama di Madinah dan Makkah dengan sebaik-baiknya dari hari pertama sampai hari terakhir. Semoga program ini juga bermanfaat dan berdampak untuk universitas tempat kami mengabdi. Sekali lagi, kami haturkan terimakasih kepada Kerajaan Saudi Arabia, Faisal bin Abdullah al Amodi sebagai Duta Besar Arab Saudi, dan Ahmed bin Essa Al Hazmi selaku Kepala Atase Agama Kedutaan Arab Saudi yang telah mengatur kegiatan ini dengan sangat baik. Selain itu, saya berharap melalui program ini, rombongan bisa lebih mengetahui perkembangan terkini yang terjadi di Arab Saudi,” ujar Ai.


Syaikh Shalih bin Abdul Lathif Alu Syaikh selaku Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Arab Saudi mengatakan 50 orang WNI yang menjadi tamu umrah gratis 2024 ini menjadi bagian dari 250 orang  gelombang pertama keberangkatan yang berasal dari 14 negara Asia Timur. Di antaranya Indonesia, Malaysia, Filipina, Taiwan, Myanmar, Vietnam, Laos, Hong kong, Jepang, Brunei, Thailand, Republik Korea, Kamboja, dan Mongolia.


“250 orang yang diundang Raja Salman dari negara Asia Timur ini terdiri dari para tokoh Islam, cendekiawan berpengaruh di dunia Islam, dan profesor universitas”, ujar Syaikh Shalih bin Abdul Lathif Alu Syaikh.


Selain beribadah umrah, rombongan tamu Raja Salman ini juga diagendakan mengunjungi mesjid-mesjid dan tempat-tempat bersejarah di Madinah dan Mekkah, serta mengunjungi beberapa lembaga dibawah kementrian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Saudi, seperti Mesjid Quba, Maqbarah Syuhada Uhud, Jabal Uhud, Museum Nabi Muhammad, dan lain-lain.

=