Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Pengmas FTII Uhamka Beri Sosialiasi Pemanfaatan Web Promosi Homestay Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan dengan Menggunakan QR Code

Kamis, 11 Januari 2024 | 1/11/2024 12:58:00 PM WIB | Last Updated 2024-01-11T05:58:43Z

 


Serambiupdate.com
Dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII), kolaborasi Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi dan Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melakukan pengabdian masyarakat di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Jakarta Selatan dalam upaya Sosialisasi Pemanfaatan Web Promosi Homestay Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan dengan Menggunakan QR Code.

 

Dalam kegiatan ini turut dihadiri langsung oleh Erizal selaku Dosen sekaligus Ketua Tim Pengabdian Masyarakat dari prodi Sistem dan Teknologi Informasi (STI) FTII Uhamka, Atiqah Meutia Hilda  selaku Dosen Teknik Informatika (TI) FTII Uhamka dan Ade Davy Wiranata yang merupakan anggota tim. Di hadiri pula Zuhri Halim  selaku Tim Pengembang Web, Moch Hamimuddin  selaku mahasiswa Teknik Informatika, Rusmantoro selaku Plt. Kepala Unit Pengelola Kawasan  Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan (UPKPBB)  Setu Babakan dan jajarannya, serta pelaku usaha Home Stay, Kamis (9/1).

 

Erizal selaku Dosen sekaligus Ketua Tim Pengabdian Masyarakat dari prodi Sistem dan Teknologi Informasi (STI) FTII Uhamka menuturkan, kegiatan pengabdian masyarakat dosen FTII dengan Mitra Unit Pengelola Kawasan  Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan (UPKPBB) Setu Babakan, Jl. RM. Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Jagakarsa, merupakan kegiatan yang pertama kalinya karena berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan mitra dan masyarakat sekitar kawasan sebagai satu kesatuan dari UPKPBB menyatakan bahwa mitra dan masyarakat sekitar  membutuhkan sumber daya yang dapat pengetahuan lebih terkait media promosi salah satu usaha mereka yaitu usaha  Homestay yang dikelola secara masing-masing oleh masyarakat sekitar UPKPBB. 

 

 

“Kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan dilakukan dengan meninjau langsung lokasi masyarakat yang mengelola Homestay, salah satunya Homestay Pandan Wangi yang letaknya tidak jauh dengan lokasi dekat dengan Danau Setu Babakan. Para pengelola Homestay menyambut antusias dengan program ini, dengan harapan usahanya ada peningkatan,” tutur Erizal.

 

 

Erizal menambahkan, dalam kegiatan sosialisasi dan pendampingan ini, tim kegiatan memberikan solusi yaitu dengan pemahaman tentang website khususnya web promosi  dan manfaatnya.  Bagaimana cara memanfaatkan dan mengelolanya dengan benar. Web Promosi Homestay yang disosialasikan  dapat  menunjang dan meningkatkan kemampuan dalam mempromosikan produk serta memberikan pemahaman terkait desain gambar promosi  untuk mempengaruhi opini konsumen. Penggunaan Web juga dibuat semudah mungkin untuk dipergunaan oleh Mitra selaku Usaha Home Stay dengan memberikan pemahaman terkait Web dengan QR Code secara langsung.

 

 

“Kegiatan ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan masyarakat kampung Betawi dalam pemanfaatan web promosi sebagai media yang berdaya guna  dalam mempromosikan usaha mereka sebagi penggerak faktor ekonomi. Selanjutnya pelaksanaan program kegiatan ini tetap dilakukan  memonitoring terhadap masyarakat pengelola usaha Homestay  dalam menerapkan web promosi, dan desain produk promosi di Lingkungan UP Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Hal tersebut  juga sesuai dengan  harapan Bapak Rusmantoro selaku Plt. Kepala Unit Pengelola Kawasan  Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan (UPKPBB),” tambah Erizal.

=