Notification

×

Iklan

Iklan

Pendidikan Fisika FKIP Uhamka Gandeng Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) dalam Workshop Meneropong Bersama

Senin, 15 Januari 2024 | 1/15/2024 08:59:00 AM WIB | Last Updated 2024-01-15T01:59:10Z

 


Serambiupdate.com
Mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menggelar seminar dengan tema Pengaruh Perbedaan Fase Bulan Terhadap Fenomena Alam di Bumi  di Aula Ahmad Dahlan Gedung FKIP Uhamka,Sabtu (13/1).

 

Kegiatan seminar ini dihadiri oleh Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka, Feli Cianda Adrin Burhendi selaku Ketua Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Uhamka, Tri Isti Hartini selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Ilmu Pengetahuan Bumi Antariksa, mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Uhamka semester  V, mahasiswa kampus luar, dan juga siswa-siswi dari berbagai sekolah

 

Tujuan seminar ini ialah meningkatkan pemahaman dan wawasan mahasiswa dan juga siswa-siswi terhadap ilmu yang berkaitan dengan fenomena antariksa, khususnya pengaruh fase bulan terhadap fenomena bumi. Dengan peran narasumber ahli dari Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ), peserta dapat menyerap pengetahuan secara komprehensif.

 

Pada kegiatan ini penjelasan narasumber diawali dengan menguraikan konsep dasar dan teori tentang fase-fase bulan akibat posisi relatif bumi, bulan dan matahari. Kemudian dilanjutkan dengan bagaimana fase dan posisi bulan mempengaruhi gaya gravitasi serta gelombang pasang surut di bumi.

 

Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka mengungkapkan bahwa ia senang dengan adanya kegiatan ini yang dibuat oleh mahasiswa Pendidikan Fisika. Menurutnya, walaupun kuantitas mahasiswanya sedikit, namun kualitasnya luar biasa.

 

“Pendidikan Fisika ini diibaratkan seperti cabe rawit, walaupun sedikit tapi pinter semua. Selain itu ada juga Himpunan Astronomi Amatir Jakarta, walaupun namanya amatir tapi amatir disini bukan amatir biasa justru amatir yang bagus” tutur Purnama.

 

Selain itu, Feli Cianda Adrin Burhendi Kaprodi Pendidikan Fisika juga menyampaikan sedikit harapan dari adanya kegiatan ini pada sambutan berlangsung.

 

 “Sebelumnya terima kasih banyak kepada seluruh siswa-siswi yang sudah hadir di acara seminar ini. Disini ada beberapa sekolah diantaranya, Budhi Warman 1, MA Al-Jihad, SMA YAPEMRI, SMKS Persada, SMA Bina Pangudi, PKBM N17, SMP 1 Tambelang, SMK Al-Mu'in, dan SMA PGRI, bahkan ada juga dari mahasiswa luar. Disini mereka akan dipandu oleh Himpunan Amatir Astronomi Jakarta, tapi amatir disini bukan hanya amatir yang biasa yah tapi amatir disini adalah keahlian dalam penelitian astronomi. Di Pendidikan Fisika FKIP Uhamka sudah ada club astronomi yang saya harap mereka bisa mengikuti kegiatannya dengan baik, lalu mohon maaf jika acara nantinya kurang maksimal dikarenakan cuaca yang tidak stabil. Pada saat menerepong tidak bisa lihat bulan, karna saat ini memasuki fase bulan baru jadi belum terlihat, tapi tenang saja karna tetap dapat melihat planet-planet dan bintang,” ujar Feli.

=