Notification

×

Iklan

Iklan

Kuatkan Profesionalitas Guru SD, Tim Dosen FTII Uhamka Berikan Edukasi Penelitian Tindakan Kelas

Sabtu, 13 Januari 2024 | 1/13/2024 01:43:00 PM WIB | Last Updated 2024-01-13T06:43:51Z


  Serambiupdate.com -Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII) UniversitasMuhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) dibawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di SD Muhammadiyah 03 Kreatif Tangerang Selatan dengan tema “Dengan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas guru mampu meningkatkan keprofesionalan dalam mengajar agar tercipta pembelajaran yang ideal dalam rangka peningkatan kompetensi” pada hari Senin, tanggal 26 Desember 2023.

 

Standar Nasional Pendidikan merupakan acuan utama yang mengatur tentang standar minimal yang harus terpenuhi dalam pengelolaan sekolah oleh segenap penyelenggara sekolah, yaitu guru dan kepala sekolah. Tuntutan profesionalisme seorang guru tidak hanya dari pihak pemerintah saja, melainkan juga diminta oleh pihak masyarakat yang memanfaatkan tenaga guru dalam membimbing, mengajar, dan mendidik peserta didik.

 

Kegiatan dihadiri oleh Akhmad Haqiqi selaku ketua tim pengabdian Masyarakat dan dosen FTII Uhamka serta anggota tim yang mencakup Rosalina, Hamzah Puadi Ilyas dan Siti Zulaiha yang berasal dari kalangan dosen, dan anggota tim yang berasal dari kalangan mahasiswi Sekolah Pascasarjana (SPs) Uhamka mencakup Lita Kusuma Wardhani dan Gizi Sri Suwarni dan para peserta kegiatan yang berasal dari kalangan guru-guru SD Muhammadiyah 03 Kreatif Tangerang Selatan.

 

Akhmad Haqiqi selaku ketua menyampaikan bahwa guru yang baik adalah pengajar yang mau merevolusikan diri dengan berpedoman pada satu aturan keprofesionalan dalam memberikan materi pembelajaran. Ia juga berharap melalui pengenalan Penelitian Tindak Kelas dapat menjadi nilai tambah dalam dunia pendidikan SD Muhammadiyah 03 Kreatif.

 

“Guru harus mampu menjaga profesionalitasnya dalam memberikan materi pembelajaran yang baik pada siswa. Program Pengabdian Masyarakat dengan berorientasi pada Penelitian Tindakan Kelas diharap akan dapat memberikan nilai tambah dan masukan dengan tujuan perbaikan mutu dan kualitas pendidikan di kelas/sekolah,” ucap Ahmad Haqiqi.

=