Notification

×

Iklan

Iklan

Rektor Uhamka ; Riset Tracer Study menjadi Penting untuk Pengembangan Kurikulum Berbasis OBE

Selasa, 19 Desember 2023 | 12/19/2023 03:59:00 PM WIB | Last Updated 2023-12-19T11:51:39Z


Serambiupdate.com
 -Badan Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswaan Karir dan Alumni (BPPKKA) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Diseminasi Hasil Laporan Tracer Study Tahun 2023 di Aula Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka, Selasa (19/12).

 

Acara ini turut dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Anisia Kumala selaku Wakil Rektor I Uhamka, Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Prof Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka, Muhammad Dwifajri selaku Wakil Rektor IV Uhamka, Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka, Hadi Sunaryo selaku Dekan Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Uhamka, Tellys Corliana selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Ony Linda selaku Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKES) Uhamka, Moh. Yusuf Djeli selaku Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII), Eko Digdoyo selaku Kepala BPPKKA, Sugiono selaku Kepala Divisi Pembinaan Kemahasiswaan, Prestasi dan Ortom BPPKA, Khadirin selaku Kepala Divisi Pengembangan Karir dan Soft Skill BPPKKA, Muhammad Arifin Rahmanto selaku Kepala Divisi Tracer Studi dan Alumni, jajaran kaprodi fakultas dan stakeholders.

 

Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menuturkan bahwa BPKKA merupakan salah satu badan yang penting dalam pengembangan pendidikan dan pengajaran di Uhamka. Sebagai penanggung jawab Tracer Study  Hal ini juga berkaitan dengan rencana Uhamka untuk mengusung Kurikulum Outcome Based Education (OBE), Tracer Study menjadi unsur utama yang dapat mengukur impact dari suatu proses pengimplementasian pengajaran dan pendidikan di suatu perguruan tinggi.

 

"Riset tracer study ini merupakan salah satu part of OBE. Konsep Kurikulum OBE itu ada levelnya. Setiap bagian di perguruan tinggi itu memiliki peran penting dalam menciptakan outputoutcome, dan impact. Maka dari itu Tracer Study dapat membantu kita sejauh mana perguruan tinggi dalam meluluskan generasi bangsa yang kompeten di bidangnya," ujarnya.

 

Sementara itu, Eko Digdoyo selaku Kepala BPPKKA mengatakan, proses tracer study berjalan dengan waktu yang cukup singkat. Tim Tracer Study terus berupaya berkoordinasi kepada teman-teman Tracer Study di tingkat prodi dan lembaga hingga menghasilkan laporan yang diharapkan.

 

“Maka hasil dari tracer study ini bukan hanya bermanfaat untuk BPPKKA saja tetapi juga dijadikan sebagai laporan yang dapat dijadikan masukan untuk pihak terkait. Terima kasih kepada semua pihak atas kerja samanya hingga hasil Tracer Study tahun ini maksimal dengan jumlah persentasi 77 persen,” ujar Eko.

=