Notification

×

Iklan

Iklan

FPsi Uhamka Tumbuhkan Spiritual Well-being Siswa MTS Muhammadiyah 1 Ciputat melalui Psikoedukasi

Minggu, 17 Desember 2023 | 12/17/2023 05:46:00 PM WIB | Last Updated 2023-12-17T10:46:46Z


Serambiupdate.com
- Tim Dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (FPsi Uhamka) yang didukung oleh Lembaga Pengabdian dan pemberdayaan Masyarakat (LPMM Uhamka) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk Psikoedukasi “Spiritual Well-Being” pada siswa kelas IX MTS Muhammadiyah 1 Ciputat, Senin(11/12).


Kegiatan yang dilakukan pukul 08.00 sampai pukul 09.30 WIB tersebut bertempat di salah satu kelas MTS Muhammadiyah 1 Ciputat dengan jumlah siswa yang mengikuti sebanyak 35 siswa. 


Kegiatan psikoedukasi ini dilakukan oleh tiga orang dosen psikologi Uhamka yaitu, Bahrudin, Ajheng Mulamukti dan Mahesti Pertiwi, dan mengikutsertakan lima orang mahasiswa Fakultas Psikologi Uhamka yaitu Muhammad Dzikri Fuadi, Nasya Isnaini Khoisiyah, Amrullah, Cahyo Chondro Nusantoro dan Daffanty Meylinda Syachputri.



Salah satu Dosen, Bahrudin menyebutkan MTS Muhammadiyah 1 Ciputat menjadi mitra karena psikoedukasi ini mengambil tema Spiritual Well-Being atau kesejahteraan spiritual, hal ini merupakan suatu hal yang menarik dan menguntungkan bagi para untuk lebih memperhatikan dan peduli pada keadaan kesejahteraan spiritual mereka dengan tuhannya. 


“Kegiatan ini tidak hanya menumbuhkan aspek kesejahteraan spiritual akan tetapi ini bisa meningkatkan performa akademik dan kualitas hidup yang baik bagi para siswa,” lanjutnya.


Pada kegiatan tersebut tim Pengmas Fakultas Psikologi melibatkan kurang lebih 35 orang siswa dari kelas IX. Seluruh siswa sangat antusias dan semangat dalam proses berjalanya psikoedukasi. Hal tersebut dilihat dari para siswa yang berani memberikan pendapat, memberikan jawaban dan juga bertanya terkait kesejahteraan spiritual. 


Hasil dari kegiatan psikoedukasi ini mampu membuat suatu gambaran kepada siswa mengenai kesejahteraan spiritual yang sangat penting baik untuk meningkatkan akademik serta kualitas hidup yang lebih baik bagi para siswa. kesejahteraan spiritual dalam kegiatanin ini tidak hanya dapat membangun hubungan baik dengan Tuhan, tetapi juga mampu menciptkan berhubungan baik dengan sesama manusia dan lingkungan sekitarnya.

=