Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FTII Uhamka Berikan Pelatihan Pengelolaan Sampah yang Baik pada Warga Desa Bojong Indah

Rabu, 27 Desember 2023 | 12/27/2023 10:10:00 AM WIB | Last Updated 2023-12-27T03:10:45Z


Serambiupdate.com
Tim dosen Fakultas Teknik Industri dan Informatika (FTII) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan pengelolaan sampah kepada warga Warga Desa Bojong Indah, Gunung Kapur, Parung, Bogor, Senin (18/12).

 

Rifky selaku dosen FTII Uhamka menjadi ketua tim dan beranggotakan empat orang lainnya yaitu, Arif Hamzah, Oktarina Heriyani, dan Dan Mugisidi. Dalam kegiatan ini tim bekerja sama dengan seorang aktivis lingkungan yang bernama Dadan Haerurohmana dari Relawan Nusantara.


Dalam pemaparannya, Rifky menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dalam rangka berbagi pengetahuan ke masyarakat dan menggali informasi kearifan lokal serta potensi daerah, sehingga program pemberdayaan masyarakat hingga pengembangan komunitas menjadi lebih bermanfaat. Mengenai sampah sendiri, sampah harus dikelola yang sebelumnya harus diidentifikasi dengan memilah dan memilih dengan memisahkan antara sampah organik dan anorganik.

 

“Mari kita mengubah paradigma dalam memanajemen sampah. Selama ini masalah sampah hanya dikumpulkan, diangkut dan dibuang. Seolah-olah permasalahan sampah adalah masalah sosial dan lingkungan saja. Namun, sampah juga dapat dipilah, diproses, diangkut, dan dijual. Sampah dapat menjadi komoditas yang layak secara ekonomi dan dapat dijadikan barang industri,” jelas Rifky.

 

Di lain pihak, Dadan mengutarakan bahwa sampah organik dapat dimanfaatkan menjadi maggot. Sampah anorganik dikelola melalui pembentukan bank sampah.

 

“Mereka begitu antusias menyimak saat pemateri menyampaikan buah pikirannya. Pada sesi tanya jawab dibuka peserta menyambut dengan menyampaikan sejumlah pertanyaan,” ujar Dadan.

=