Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FKIP Uhamka Tingkatkan Skill Ibu Rumah Tangga Jatirahayu dalam Membuat Sabun Detergen

Selasa, 26 Desember 2023 | 12/26/2023 10:09:00 PM WIB | Last Updated 2023-12-26T15:09:12Z


Serambiupdate.com
 - Dalam rangka meningkatkan ladang usaha masyarakat, tim Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Rt 03/11 Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Minggu (24/12).

Tim pengabdian ini terdiri dari  Mayarni,  Susanti Murwitaningsih dan Eka Kartikawati.

Adapun tema yang diusung pada kegiatan pengabdian kali ini ialah Pelatihan Pembuatan Sabun Cair Bagi Ibu Rumah Tangga. Kegiatan ini diawali dengan pengarahan mengenai alat dan bahan, tata cara dan juga harapan dari keberlangsungan  kegiatan yang disampaikan oleh Mayarni selaku ketua pelaksana.

Kegiatan ini dilakukan secara offline dan online. Peserta yang tidak dapat mengikuti kegiatan secara langsung dilokasi, tetap mendapatkan informasi mengenai langkah-langkah pembuatan sabun cair melalui  Zoom karena setiap prosesnya ditampilkan secara langsung pada Zoom meeting.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dihadiri oleh tiga dosen sebagai pelaksana, dua asisten pelaksana dari mahasiswa dan alumni,  dan 11 orang hadir secara luring dan 25 hadir secara luring dari guru Sekolah Dasar dan Guru Paud yang merupakan Alumni PPG PGSD FKIP Uhamka dan Mahasiswa PPG PAUD-FKIP- Uhamka.

Kegiatan pengabdian mengenai pembuatan  sabun  cair ini mendapatkan respon positif dari penduduk sekitar khususnya ibu-ibu rumah tangga yang merasakan langsung bagaimana pentingnya detergen dan banyaknya kebutuhan detergen dalam kehidupan sehari-hari. Setiap warga yang mengikuti kegiatan pengabdian ini membawa pulang sabun yang telah dibuat dan goodie bag dari Uhamka.

Salah satu warga, Dewi Rahayu mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat karena merupakan kebutuhan yang sering digunakan oleh masyarakat.

“Pelatihan pembuatan sabun ini sangat berguna bagi kami selaku Ibu rumah tangga karena memang sabun adalah sesuatu yang selalu digunakan dan lumayan banyak biaya yang dibutuhkan setiap bulannya untuk membeli sabun. Saya sangat berterima kasih kepada Bu Mayarni dan tim dari Uhamka atas ilmu yang telah diberikan.” Ucap Dewi Rahayu yang hadir ketika pelaksan.
=